DPRD Minta Proyek Perbaikan Jalan Samba-Sanamang Dilanjutkan

  • Bagikan
RUSAK – Tampak sejumlah pengendara kesulitan saat melintas di ruas jalan Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang, Kabupaten Katingan, karena mengalami kerusakan parah, beberapa waktu lalu.INSET Anggota DPRD Kalteng Dapil I, meliputi Kabupaten Katingan, Gumas dan Kota Palangka Raya, HM Sriosako.TABENGAN/NOVAN

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya HM Sriosako meminta, agar proyek peningkatan dan perbaikan ruas jalan Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah menuju Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan dilanjutkan.

Pasalnya, ruas jalan tersebut merupakan salah satu urat nadi yang mendukung pengembangan perekonomian masyarakat di wilayah itu. Namun saat ini mengalami kerusakan cukup parah dan sulit dilewati.

“Kita berharap agar proyek peningkatan ruas jalan Samba menuju Sanamang bisa dilanjutkan kembali tahun 2021 ini. Karena jalan tersebut saat diguyur hujan berlumpur, sulit dilewati dan rawan terjadi kecelakaan,” kata Sriosako saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (9/2/2021).

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng ini juga menyarankan, agar penanganan ruas jalan dari Samba menuju Sanamang ditangani secara bersama-sama, baik dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja NEGARA (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan Kabupaten serta dibangun bersama konsorsium Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang beroperasi diwilayah itu.

“Sebenarnya penanganannya bisa dikerjasamakan dan dibagi menjadi tiga, baik itu dari APBN, APBD Provinsi maupun Kabupaten serta konsorsium PBS, jadi penanganan jalan itu bisa cepat terselesaikan,” saran Sriosako.

Selain itu, dengan adanya perbaikan di ruas jalan Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang akan sangat berdampak positif bagi masyarakat setempat. Khususnya dari sektor perekonomian hingga kesehatan maupun pendidikan.

“Yang kita pikirkan adalah dampak positif apabila jalan tersebut telah diperbaiki. Yang jelas membuka keterisolasian, mempercepat perputaran perekonomian, hingga meningkatkan pendidikan dan kesehatan baik fasilitas maupun Sarana Prasarana (Sapras),” pungkas Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) ini. nvd

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *