RUSAK PARAH-Pemerintah Diminta Segera Perbaiki Ruas Jalan  Samba-Sanamang

  • Whatsapp
RUSAK PARAH – Kondisi ruas jalan Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang, Kabupaten Katingan yang mengalami kerusakan parah dan perlu penanganan pemerintah, foto diambil beberapa waktu lalu.INSET Anggota Komisi IV DPRD Kalteng Bidang Infrastruktur dan Prasarana Siswandi dan Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing. TABENGAN/NOVAN
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk meningkatkan infrastruktur jalan yang menghubungkan antar Desa. Pasalnya, masih banyak jalan penghubung antar desa di pelosok Bumi Tambun Bungai yang mengalami kerusakan parah.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Infrastruktur dan Prasarana Siswandi dikonfirmasi Tabengan melalui pesan WhatsApp, Selasa (9/2/2021). Menurutnya, salah satu ruas jalan yang harus mendapat perhatian pemerintah adalah ruas penghubung antar Desa di wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah hingga Tumbang Sanamang, Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, yang saat ini mengalami kerusakan parah.

“Berdasarkan informasi masyarakat, ruas jalan dari wilayah Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang mengalami kerusakan parah. Terutama saat jalan tersebut diguyur hujan lebat. Padahal ruas jalan tersebut merupakan penghubung dari puluhan Desa yang berada diwilayah Hulu Katingan,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV meliputi Kabupaten Barito Timur (Bartim), Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut) dan Murung Raya (Mura) ini juga mengatakan, tersebut merupakan akses penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Sehingga Pemkab Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diharapkan segera turun tangan mengatasi kerusakan jalan tersebut.

“Kita berharap agar pihak dinas/instansi terkait bisa segera turun tangan mengatasi kerusakan jalan tersebut. Apalagi ruas jalan itu berperan penting dalam mendukung perputaran perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya.

Senada, Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya Duwel Rawing mengatakan, bahwa ruas jalan itu harus menjadi perhatian pemerintah setempat. Pasalnya, jalan tersebut tidak hanya berdampak pada sektor perekonomian. Tetapi jalan tersebut juga berdampak pada sektor lain seperti pendidikan dan kesehatan.

“Yang namanya jalan, apalagi jalan tersebut menjadi satu-satunya akses penghubung antar desa, sudah seharusnya mendapat perhatian dari pemerintah. Karena dampak dari kerusakan jalan akan sangat berdampak disejumlah sektor. Baik itu perekonomian, pendidikan dan kesehatan,” terang Duwel yang juga Ketua Komisi III DPRD Kalteng ini.

Disisi lain, Kepala Desa (Kades) Tumbang Gaei Sutarunah, saat dikonfirmasi Tabengan dikediamannya beberapa waktu lalu membenarkan, bahwa ruas jalan Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang merupakan akses penting bagi masyarakat diwilayah Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Katingan Hulu.

“Jalan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat disini. Sehingga kita berharap agar jalan tersebut bisa fungsional, mengingat jalan tersebut mengalami kerusakan dan sulit dilewati apabila diguyur hujan. Jadi kita berharap agar penanganan ruas jalan ini bisa direalisasikan pemerintah,” pungkasnya. nvd

iklan atas

Pos terkait

iklan atas