NU dan Falsafah Huma Betang

  • Bagikan
Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Wiyatno menyampaikan, sejak pertama kali didirikan, Nahdlatul Ulama (NU) memiliki peran strategis dalam perjuangan kemerdekaan dan membangun bangsa pasca-kemerdekaan hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Wiyatno saat dibincangi Tabengan di ruang kerjanya, Senin (8/2/2021). Menurutnya, lahirnya resolusi jihad para kiai NU, membakar semangat generasi bangsa untuk merdeka kala itu. Dengan adanya resolusi tersebut, semangat untuk bebas dari penjajahan semakin kuat, khususnya di kalangan warga Nahdliyin.

Dikatakan, kiprah NU tidak hanya di tingkat nasional, NU juga berperan hingga ke pelosok desa, tak terkecuali di Kalteng. Ulama-ulama NU mengirimkan santri-santrinya untuk menyebarkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) dengan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat hingga pedesaan.

Selain dalam bidang pendidikan, NU juga berperan aktif dalam bidang sosial politik dan budaya. Banyak warga NU yang memberikan sumbangsih dan pemikiran untuk kemajuan bangsa, hingga terjun langsung.

“Kehadiran NU sangat dirasakan masyarakat, hingga pelosok desa. Adanya pesantren dan lembaga pendidikan NU menunjukkan bahwa NU merupakan organisasi yang menyebarkan Aswaja dan juga memajukan bangsa,” ucap Wiyatno.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, di Kalteng NU juga berperan sangat luar biasa bagi kemajuan daerah dan keharmonisan. Sebagai organisasi Islam yang berkomitmen terhadap kebangsaan, NU Kalteng juga sangat mendukung Falsafah Huma Betang, yang memiliki makna saling menjaga persatuan dan kesatuan dalam satu wadah NKRI.

Berkaitan dengan program pembangunan yang direncanakan Pengurus Wilayah (PW) NU Kalteng, Wiyatno sebagai warga Nahdliyin juga mendukung hal tersebut. Adapun program NU Kalteng, pembangunan RS NU, pembangunan pusat pendidikan NU, serta program NU lainnya yang perkokoh ajaran Aswaja dan juga perkokoh komitmen kebangsaan.

“Sebagai warga Nahdliyin, saya sangat mendukung pembangunan Rumah Sakit NU dan Institut NU Kalteng. Saya berharap dengan adanya RS NU, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kalteng dapat lebih masimal. Begitu juga dengan rencana pembangunan Institut NU Kalteng, kita harapkan ke depan dapat berkontribusi untuk mencetak SDM unggul,” ujarnya.

Dengan terpilihnya HM Wahyudie F Dirun sebagai Ketua PWNU Kalteng, Wiyatno berharap NU Kalteng dapat lebih maju dan dapat berkontribusi nyata untuk pembangunan Kalteng serta menjaga kerukunan umat beragama sesuai dengan ajaran Aswaja dan Falsafah Huma Betang.

“Saya optimis NU akan lebih maju ke depan. Karena NU dan warganya telah memiliki komitmen untuk menyebarkan Aswaja dan berkomitmen untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Tidak lupa wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga mengucapkan selamat Hari Lahir (Harlah) Ke-95 dan selamat atas terpilihnya HM Wahyudie F Dirun sebagai Ketua Tanfidziyah PWNU Kalteng periode 2021-2026. sgh

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *