Pembukaan Jalan Pulpis-Gumas Didukung DPRD

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi II DPRD Gumas Evandi
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mendukung penuh rencana pembukaan akses jalan baru yang menghubungkan langsung Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dengan Gumas.

Usulan pembukaan jalan baru tersebut sebelumnya disampaikan Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Wiyatno ke pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional wilayah Kalteng, disela-sela meninjau rencana pembangunan jalan tersebut beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Gumas Evandi saat dibincangi Tabengan di gedung dewan, Kamis (4/2) mengatakan, pihaknya dari DPRD Gumas menyambut baik rencana pembangunan ruas jalan baru yang langsung menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Terlebih dengan dibukanya akses jalan di wilayah itu kedepan pasti akan mempercepat pertumbuhan perekonomian di kedua wilayah itu.

“Kita pada prinsifnya sangat mendukung rencana pembangunan ruas jalan baru ini, karena selama ini masyarakat yang mau ke Pulpis atau sebaliknya, selama ini harus mutar dulu lewat Palangka Raya, dengan adanya ruas jalan ini kedepan waktu tempuh juga akan lebih singat,” kata Evandi.

Legislator muda dari Fraksi Partai Nasdem ini mengatakan, selain mempersingkat jarak tempuh, pembukaan akses jalan ini akan memacu pertumbuhan ekonomi kedua wilayah, kemudian membuka keterisolasian masyarakat selama ini, khususnya daerah yang akan dilalui akses jalan baru itu nantinya.

“Selain ekonomi, juga akan membuka keterisolasian dan ini juga akan berdampak terhadap sektor pembangunan lainnya, baik itu pendidikan, kesehatan dan berbagai program pembangunan lainnya,” kata Evandi.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno meminta bantuan melalui Kementerian PUPR, untuk membuka akses jalan baru yang menghubungkan sekaligus memperpendek jarak tempuh yang menghubungkan Kabupaten Pulpis dengan Kabupaten Gumas.

Dibukanya akses jalan baru, kata Wiyatno, sebagai upaya membuka keterisolasian sejumlah wilayah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung kesuksesan program food estate pemerintah pusat di Kalteng.

“Ruas jalan baru itu mampu memotong atau memperpendek jarak tempuh Kabupaten Pulpis-Gumas hingga 50 persen dari jalan yang ada saat ini. Jadi memang akses jalan baru ini benar-benar strategis dan penting segera dilaksanakan,” kata Wiyatno. sgh

iklan atas

Pos terkait

iklan atas