Dinas PUPR Dukung Buka Jalan Pulpis-Gumas

  • Whatsapp
Kepala Dinas PUPR Kalteng H Shalahuddin
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendukung usulan DPRD Kalteng untuk membuka akses jalan baru, memperpendek jarak antara Kecamatan Banama Tingang, Bukit Rawi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menuju Pulang Pisau (Pulpis), tanpa harus melalui Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas PUPR Kalteng H Shalahuddin menyampaikan, pihak kabupaten akan diminta memaparkan usulan tersebut, selanjutnya akan dipelajari dan melakukan studi kelayakan, melihat kepraktisan rencana pembukaan jalan baru ini.

“Intinya kami dari provinsi mendukung dan kami akan pelajari dulu. Itu kan statusnya masih jalan kabupaten, saya minta sebelumnya supaya mereka paparan dulu, kemudian kami melihat feasibility study yakni studi kelayakan sebuah penilaian terhadap kepraktisan rencana atau proyek yang diusulkan,” kata Shalahuddin di Palangka Raya, Kamis (4/2/2021).

Menurut Shalahuddin, usulan tersebut sangat baik, tujuannya untuk memperpendek jarak tempuh. Kalau melihat dari segi ekonomi menguntungkan karena mempersingkat waktu perjalanan. Namun, membuka jalan baru harus banyak pertimbangan, misalnya memerhatikan faktor ekonomis, artinya harus dipertimbangkan jangan sampai jalan yang lama tidak digunakan.

Membuka jalan baru, lanjut Shalahuddin, biasanya diserahkan kepada kabupaten dulu, nanti untuk peningkatan baru provinsi masuk. Bahkan, nantinya ditingkatan menjadi jalan provinsi maupun jalan nasional seperti Palangka Raya-Buntok yang awalnya jalan provinsi berikutnya ditingkatkan menjadi jalan nasional.

“Usulan silakan saja, tentunya kami saat ini target itu fungsional jalan untuk wilayah Provinsi Kalteng. Kalau ada yang sifatnya lebih pendek silakan saja. Misalnya, sebelumnya dari Pangkalan Bun mau ke Sukamara harus melalui Nanga Bulik dan Tumbang Runtu dengan jarak tempuh sejauh 140 Km. Setelah dibangun pile slab Pangkalan Bun-Kolam jarak tempuhya hanya sekitar 80 Km,” imbuh Shalahuddin.

Akses ini juga memperpendek jarak antara 5 kecamatan di Kabupaten Kapuas menuju Kota Kuala Kapuas yang menjadi lokasi pelayanan pemerintah setempat, Kecamatan Kapuas Tengah, Timpah, Pasak Telawang, Mandau Telawang dan Sungai Hanyu karena tidak harus melalui Kota Palangka Raya. Bisa dibayangkan perhitungan ekonominya bagaimana, tentu memberikan dampak yang sangat positif. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas