Cuaca Ekstrem Pengaruhi Pasokan Ikan Sungai Turun

  • Whatsapp
IKAN-Peternak keramba ikan lokal di Sungai Katingan dan penjual ikan sungai (lokal) pasar kahayan, Kota Palangka Raya. FOTO:YULIANUS/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Cuaca ekstrem yang disertai dengan curah hujan dengan intensitas tinggi,  akhir-akhir ini, membuat stok ikan sungai lokal yang biasa didapatkan nelayan berkurang dari biasanya.

Wiwit penjual ikan sungai di pasar Kahayan mengaku bahwa hujan lebat yang belakangan ini terjadi di wilayah Kota Palangka Raya membuat para nelayan sulit mendapat ikan tangkapan.

“Saya juga dapat dari orang. Biasa subuh subuh antar ikan sungai di pasar Jalan Halmahera,” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Hal serupa dikatakan oleh penjual ikan sungai yang lain, Mulyati. Kondisi curah hujan yang tinggi memang mempengaruhi aktifitas penjualan ikan sungai.

Dari informasi yang didapatkan Tabengan, dibeberapa lapak penjual ikan sungai, harga udang sungai Rp160.000 per kilogram (kg), patin sungai R100.000-Rp150.000 per kg, jelawat Rp120.000 per kg, sanggang Rp60.000 per kg, kakap sungai Rp100.000 per kg. Sedangkan lais ukuran besar Rp100.000 per kg dan lais kecil  Rp50.000-60.000 per kg.

Sementara usaha ikan keramba, Rosida mengaku, cuaca ekstrem dan naiknya debit air sungai Kahayan tidak membawa dampak yang signifikan. Kondisi cuaca ekstrem tidak mempengaruhi ikan peliharaan.

Rosida menambahkan baru saja memanen 1 ton ikan bawal.  Selain itu dirinya kini menambah beberapa keramba untuk memelihara ikan.

“Baru nambah 4 keramba. Ada keramba ikan baung dan nila. Untuk 1 keramba ada 3000 bibit. Sedangkan 2 keramba untuk ikan baong,’ beber Rosida.

Masih di tempat yang sama, Abah Ipan juga mengaku hujan yang menyebabkan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak mempengaruhi pasokan ikan yang dijualnya.  Pasalnya ikan mas yang dijual berasal dari Buntok dan patin kolam berasal dari Gambut.

“Ikan mas Rp35.000 per kg, kalau patin yang saya jual budidaya di kolam harga Rp28.000 per kg,” bebernya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas