Cabor Dayung Mulai Gelar Pelatprov PON XX

  • Whatsapp
ARAHAN - Ketua umum Pengprov PODSI Kalteng Eddy Karusman (SeragamASN) didampingi pengurus dan pelatih, memberikan arahan kepada atlet sebelum memulai latihan perdana Pelatprov PON XX, Senin (1/2/2021). TABENGAN/LIU
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Ingin mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, 2016 Jawa Barat (Jabar), dan dimana juga masuk dalam kategori unggulan pertama oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Cabang Olahraga (Cabor) Dayung mulai menggelar Pelatprov.

Ketua umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalteng Eddy Karusman menyampaikan, mulai Senin (1/2) Cabor dayung mulai menggelar Pelatprov selama dua bulan kedepan. Para atlet diinapkan di penginapan milik Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Jalan Yos Sudarso.

Sebelumnya atlet dan pelatih sudah mengikuti rapid test antigen memastikan tidak ada yang terpapar virus corona.

“Dayung mulai persiapan untuk hadapi PON XX dengan melakukan Pelatprov selama dua bulan kedepan. Kami sudah koordinasi dengan KONI. Harapan kami semuanya berjalan dengan lancar dalam situasi Pandemi ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Eddy, Senin (1/2/2021).

Sebelum memulai latihan pada hari pertama, para atlet mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Ketua Umum PODSI Kalteng. Seluruh pelatih dan beberapa pengurus PODSI seperti Ardayan Tanggar, Subandi S Musan hadir dalam kesempatan tersebut. Para atlet diminta untuk fokus mengikuti latihan.

Atlet yang mengikuti Pelatprov sebanyak 44 orang terdiri dari 22 putra dan 22 putri. Setelah 2 bulan latihan selanjutnya akan dikurangi jumlah atlet sesuai dengan jumlah kuota yang diberikan oleh Pengurus Besar (PB) PODSI. Setelah terbentuk tim inti putra dan putri, Pelatprov kembali dilanjutkan namun rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Pulang Pisau sampai jelang keberangkatan ke Papua.

Menurut Eddy Karusman, terkait dengan fasilitas latihan dan tanding, PODSI Kalteng sudah mengusulkannya ke KONI dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng. Peralatan latihan seperti perahu menjadi faktor penting dalam menunjang atlet latihan, para atlet menjadi lebih semangat dalam menjalani latihan.

“Cabor Dayung menjadi satu-satunya peraih medali terbanyak pada PON 2016 di Jabar, 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Rencananya untuk event yang sama di Papua nanti akan mengikuti Cannoing, Kayak dan Perahu Naga, sementara menargetkan untuk mengulang prestasi di Jabar lima tahun yang lalu syukur kalau bisa lebih,” harap Eddy Karusman. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas