Ikan Cupang Kalteng Diekspor ke Luar Negeri

  • Whatsapp
Foto: ilustrasi/NET
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Ikan cupang atau betta fish, sepanjang 2020 menjadi salah satu ikan favorit bagi pecinta ikan hias. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik, serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Ikan cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya dari beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Vietnam.

Kepala Balai Karantina Ikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Iromo, Senin (1/2/2021), mengatakan, ikan cupang menjadi salah satu komoditas ekspor. Ada 3 negara di Asia yang menjadi tujuan ekspor ikan cupang hias dari Kalteng, yaitu Jepang, Singapura dan Malaysia.

Setidaknya, terang Iromo, sepanjang tahun 2020 ada kurang lebih 631 ekor yang diekspor. Selain itu, ada beberapa jenis ikan hias lainnya yang menjadi komoditas ekspor. Antara lain toman kembang, botia, buntal, snake head, sepat mutiara, red fire eel, spotted fire eel, julung-julung, seluang, tiger fish, pari, snakeskin barb, khulliload, puhing, green tiger loach, flying fox  dan juga betutu.

“Masih banyak potensi  komoditas yang terdapat di Kalimantan, khususnya Kalteng. Hanya perlu juga dipikirkan untuk keberlangsungan pelestariannya,” ujar Iromo. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas