Legislator Imbau Pemko dan Masyarakat Bersinergi Antisipasi Banjir

  • Whatsapp
Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – DPRD Kota Palangka Raya meminta pemerintah kota setempat terus mewaspadai potensi kenaikan debit air sungai yang ada di wilayah Kota Cantik ini terutama saat hujan lebat.

Seperti dikemukakan Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung. Menurutnya, Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi mencegah terjadinya musibah banjir.

Pihaknya juga terus mendorong masyarakat dan jajaran terkait segera memberi laporan apabila melihat tanda-tanda debit air sungai mengalami kenaikan. Dengan demikian, bisa segera dilakukan koordinasi dengan BPBD dan secepatnya dilakukan tindakan antisipasi.

“Penyebab musibah banjir sangat beragam. Mulai dari faktor alam maupun non alam. Kenaikan debit air sungai akibat curah hujan yang cukup tinggi, tak bisa dikesampingkan. Untuk itu, setiap saat debit air sungai di masing-masing wilayah kota ini supaya terus dipantau dan setiap perkembangan bisa dilaporkan ke pihak terkait,” beber Nenie, belum lama ini.

Kepada pihak kepolisian, TNI, RT/RW maupun organisasi kemasyarakatan lainnya, Nenie juga berharap partisipasi dalam memberikan sosialisasi bagi warga, terutama yang berada di bantaran sungai.

“Dan yang lebih penting kami mengimbau semua warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai maupun saluran drainase. Karena sampah tersebut bisa menutup aliran yang berakibat sungai dan drainase tersumbat dan air meluap membanjiri permukiman warga sehingga mendatangkan kerugian semuanya,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas