OJK: Vtube Investasi Ilegal

  • Bagikan
Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) Otto Fitriandy

OJK Call Center 157 atau WA Nomor 081 157 157 157

 PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah (Kalteng) Otto Fitriandy menyatakan, sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Satgas Waspada Investasi (SWI), Vtube masih termasuk salah satu investasi ilegal.

Untuk itu, tegas Otto, seperti investasi ilegal lainnya, maka pemblokiran Vtube adalah hal yang penting untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Sekalipun diakuinya, di wilayah Kalteng sejauh ini belum ada pengaduan baik secara langsung ataupun tidak langsung ke OJK Kalteng.

“Sejauh ini memang belum ada laporan dari masyarakat Kalteng terkait dengan Vtube,” ujar Otto kepada Tabengan, Rabu (27/1/2021).

Seperti diketahui, SWI sejak Juni 2020 lalu mengategorikan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Future View Tech dalam daftar investasi bodong atau ilegal. PT Future View Tech sendiri sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan.

“Sejak Juni sampai dengan memasuki 2021, Vtube masih dinyatakan oleh SWI sebagai investasi ilegal. Untuk itu masyarakat diimbau berhati-hati, dan untuk mengetahui apa saja investasi yang resmi atau legal dapat menghubungi OJK call center 157 atau WA nomor 081 157 157 157,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua SWI Tongam L Tobing mengatakan, perusahaan sejenis Vtube melakukan aksinya dengan mengincar masyarakat yang saat ini kesulitan ekonomi, dan membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok atau konsumtif.

Padahal, menurut dia, pinjaman fintech ilegal ini sangat merugikan masyarakat karena mengenakan bunga yang tinggi, jangka waktu pinjaman pendek dan mereka selalu meminta untuk mengakses semua data kontak di handphone.

“Ini sangat berbahaya, karena data ini bisa disebarkan dan digunakan untuk mengintimidasi saat penagihan,” kata Tongam. dsn 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *