INFRASTRUKTUR BARU- Jalan Pulpis-Gumas Bisa Jadi Prioritas

  • Whatsapp
PENINJAUAN- Ketua DPRD Kalteng Wiyatno bersama Komisi IV dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Kalteng Kementerian Perhubungan, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Kalteng serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pulpis, saat meninjau lokasi rencana pembukaan akses jalan baru yang menghubungkan Pulpis-Gunung Mas, pekan lalu. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Tomy Irawan Diran mendukung usulan Ketua DPRD Wiyatno agar dibangun jalan baru dari Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menuju Gunung Mas (Gumas). Pasalnya, pembangunan jalan itu akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat serta akan mendukung secara langsung Program Food Estate yang saat ini digalakkan pemerintah pusat.

Ketika dibincangi Tabengan di gedung dewan, Senin (25/1/2021), Tomy yang juga Sekretaris Komisi IV, membidangi infrastruktur dan prasarana mengatakan, pembukaan ruas jalan baru yang menghubungkan Pulpis-Gumas itu sangat efektif dalam mendukung berbagai aspek, dibandingkan jalur saat ini yang terbilang cukup memakan waktu.

“Apabila usulan pembukaan ruas jalan baru Pulpis menuju Gumas bisa terealisasi dan pembangunannya diakomodir oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), maka hal tersebut akan sangat luar biasa dampaknya bagi masyarakat dan kemajuan daerah,” ucap Tomy.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulpis ini juga menjelaskan, jarak tempuh dari Kabupaten Pulpis menuju Gumas melewati Kota Palangka Raya, berkisar 150 Km. Sedangkan apabila jalur Pulpis secara langsung menuju Gumas terealisasi, maka jarak tempuh hanya berkisar 70 Km.

“Jadi akan sangat menghemat waktu, bahkan secara otomatis masyarakat juga bisa merasakan dampak positifnya seperti harga barang-barang kebutuhan menjadi lebih murah,” ujarnya.

Selain itu, pembukaan jalur Pulpis-Gumas, juga bertujuan untuk membuka keterisolasian masyarakat, sehingga pembukaan jalur tersebut diharapkan bisa menjadi prioritas Kementerian PUPR dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur Kalteng.

“Kita sangat berharap agar usulan ini bisa menjadi prioritas Kementerian PUPR, mengingat hal ini berefek domino seperti membuka keterisolasian masyarakat, bahkan mempercepat pembangunan infrastruktur Kalteng. Jadi saya sangat sepakat dengan apa yang disampaikan Ketua DPRD Kalteng,” pungkas Ketua Fraksi Gabungan PAN, PPP, PKS, Perindo dan Hanura ini. nvd

iklan atas

Pos terkait

iklan atas