Kalteng Terima 27.000 Vial Vaksin Tahap II

  • Whatsapp
Kalteng Terima 27.000 Vial Vaksin Tahap II
DIJAGA KETAT - Karo Ops Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono saat mengecek kedatangan vaksin Sinovac. Inset Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Ayonni Rizal APTm Mkes. ISTIMEWA
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Senin (25/1/2021) pagi. Untuk tahap kedua ini menerima sebanyak  27.000 vial dan disimpan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Ayonni Rizal APTm MKes menyampaikan, vaksin tersebut akan didistribusikan ke 14 kabupaten/kota. Dengan diterimanya vaksin tahap kedua ini, maka total secara keseluruhan Kalteng sudah menerima 41.680 vial.

“Vaksin tahap pertama 14.680, kemudian tahap kedua 27.000 yang nantinya diakumulasikan dan dibagi untuk 13 kabupaten dan 1 kota. Jadi cukup untuk mengakomodir jumlah tenaga kesehatan di Kalteng,” kata Ayonni, Senin.

Pada tahap pertama hanya 2 daerah yang boleh melakukan vaksinasi Covid-19, Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau. Sesuai dengan petunjuk Kemenkes daerah yang boleh melakukan vaksinasi, ibu kota provinsi dan daerah yang berbatasan langsung dengan ibu kota provinsi.  Hal ini berkaitan dengan ketersediaan jumlah vaksin karena setiap orang harus mendapatkan vaksin sebanyak 2 kali, sehingga kekebalan terbentuk secara sempurna.

Sementara daerah lain, baru akan memulai vaksinasi pada Februari nanti. Vaksin tahap kedua ini akan dikirim ke setiap daerah untuk mencukupi permintaan sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang terdaftar dari 14 kabupaten/kota sebanyak 19.927 dengan jumlah vaksin yang diperlukan 39.845 vial vaksin untuk 2 dosis pemberian bagi tiap sasaran.

Jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak 230 Fasyankes terdiri dari 204 Puskesmas, 18 rumah sakit dan 8 klinik. Sedangkan jumlah vaksinator yang terlatih sebanyak 250 orang.

Keamanan di Bandara Tjilik Riwut Diperketat

Puluhan personel Polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya mengamankan jalannya kedatangan 27.000 vaksin Sinovac Covid 19 di kargo Bandara Tjilik Riwut, Senin pagi.

Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Andreas Wayan Wisaksono memantau langsung proses pengamanan dan penerimaan vaksin didampingi Kabid  Propam Kombes Pol Heri Setyawan

Dalam kesempatan itu, Andreas menyampaikan jika keberadaan Vaksin Covid -19 tersebut sangat berharga karena berkaitan dengan kesehatan nyawa manusia sehingga sangat diperlukan pengamanan secara maksimal.

“Saya menegaskan bahwa Polri terutama Polda Kalteng siap mengamankan pendistribusian Vaksin Covid -19 sampai ke masyarakat,” ujar Karo Ops.

Diakhir kesempatan Karo Ops juga berharap semoga dengan adanya vaksin Covid – 19 ini, pandemi yang selama ini melanda Indonesia segera berakhir. fwa/yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas