OPERASI YUSTISI POLRI- Masih Banyak Warga Tak Pakai Masker

  • Whatsapp
iklan atas

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM – Kepolisian sebagai salah satu aparat yang berada di garda terdepan dalam penertiban protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, terus melakukan operasi Yustisi. Dalam operasi yang dilaksanakan di semua wilayah di Kalteng ini, masih ditemukan banyak warga tak pakai masker.

Seperti yang ditemukan pada Operasi Yustisi pada Senin (25/1).  Polsek Kapuas Tengah, Polres Kapuas, melaksanakan Operasi Yustisi di wilayah hukumnya. “Kami melaksanakan giat ini di Pasar Desa Pujon RT 2 Kecamatan Kapuas Tengah,” kata Kapolsek Kapuas Tengah AKP Ahmad Supian, Senin siang.

Pasar dipilih sebagai lokasi Operasi Yustisi karena merupakan salah satu tempat yang padat aktivitas masyarakat.  Diakui, banyak masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan yakni tidak memakai masker, dan diberi teguran secara lisan.  Perwira Polisi dengan 3 balok dipundaknya ini berharap, masyarakat di Kapuas Tengah bisa semakin patuh dalam penerapan protokol kesehatan untuk cegah penyebaran Covid-19 di Kapuas Tengah.

Di Polsek Antang Kalang, Polres Kotim, personel melaksanakan kegiatan operasi yustisi di depan Mapolsek Antang Kalang, Jalan Anjar Sugianto, Desa Tumbang Kalang. Operasi dilaksanakan anggota piket, yakni Aipda Teka Jaya, Aipda Imam Sudrajat dan Bripka Anthony Y Antang. Masyarakat yang melintas jalan depan Polsek juga ditemukan masih banyak yang tidak menggunakan masker.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Antang Kalang Iptu Sapril Nyampai, mejelaskan kegiatan operasi yustisi dilaksanakan dengan bahasa dan cara yang humanis agar semua dapat mengerti pentingya protokol Kesehatan,

Demikian juga saat Polsek Parenggean melaksanakan giatkan operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan,  di Jalan Kalikasa depan Kecamatan Parenggean. Kapolsek Parenggean Iptu Agung Gunawan Putra mengakui,  perilaku warga masyarakat Kecamatan Parenggean khususnya sudah terlihat rata-rata apabila keluar rumah menggunakan masker, baik berkendara maupun berjalan kaki. Meskipun ada yang melanggar, jumlahnya mulai berkurang.

“Kebiasaan warga kadang masih menganggap sepele keluar rumah meski hanya di warung jadi tidak menggunakan masker, padahal aturan jelas dalam Perbup no. 29 tahun 2020 keluar rumah wajib mengenakan masker,” katanya.

Di Polsek Pulau Petak, Polres Kapuas, anggota melaksanakan Operasi Yustisi dengan memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentna g pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Di Polsek Marikit, Polres Katingan, operasi yustisi digelar di Desa Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit. Kapolsek Marikit Ipda Firman Amir menyampaikan, anggota Polsek Marikit dan Koramil 1015-05 Tumbang Hiran melaksanakan operasi yustis di Desa Tumbang hiran dengan sasaran masyarakat yang tidak menggunakan masker. “Dalam kesempatan tersebut kami juga membagikan masker dan memberikan teguran kepada masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan pada saat keluar rumah atau melakukan perjalanan,” katanya.  Operasi Yustisi di tahun 2021 ini, masih mengedepankan penegakan protokol kesehatan Covid-19, sebagai salah satu fokus program kerja Polda Kalimantan Tengah. ist

iklan atas

Pos terkait

iklan atas