Dukung Food Estate, Dinas Pertanian Pulpis Distribusikan 10.000 Ternak Bebek

  • Bagikan

PULANG PISAU/TABENGAN.COM- Dalam rangka mendukung Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate, Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau dalam waktu dekat ini akan mendistribusikan sebanyak 10.000 ternak bebek jenis Mojo Sari kepada 20 kelompok calon penerima. Masing-masing penerima 500 ekor ternak bebek.

“Ini program kementerian, yang merupakan kelanjutan dari Presiden RI Joko Widodo, dan 10.000 ternak bebek ini adalah paket lengkap. Para penerima tidak hanya bebeknya, tetapi akan dibantu pakan, obat-obatan dan bahkan dibuatkan kandangnya langsung,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulpis Slamet Untung Rianto melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatatan Hewan Ibrahim, Senin (25/1/2021).

Seluruh bantuan ini diberikan untuk mengurangi beban kelompok, dan juga merupakan program skala prioritas.

“Harapan kita ke depan, Kabupaten Pulpis menjadi sentra ternak bebek dan penghasil telur,” bebernya.

Tahun sebelumnya, kata Ibrahim, di Pulpis sudah berjalan untuk distribusi ternak bebek ini kepada 10 kelompok dan sudah dilaksanakan di Desa Tahai Jaya, Tahai Baru, Desa Pantik, Desa Sanggang dan Desa Belanti Siam. Sepuluh kelompok ini sudah mulai produksi dan mampu memenuhi kebutuhan desanya.

Sebelum ternak bebek itu didistribusikan kepada 20 kelompok, terlebih dahulu diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) singkat tata cara pemeliharaan ternak.

“Untuk para penerima kelompok ini sudah kita seleksi, dan hari ini dilanjutkan lagi oleh Tim Kementerian melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul, di Pelaihari, dan terbagi dua kelompok tim verifikasi,” terangnya.

Ibrahim mengharapkan, dengan adanya bantuan ternak bebek itu dapat membantu penghasilan masyarakat terutama di tengah pandemi Covid-19. c-mye

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *