Mantan Anggota DPRD Kalah Berperkara

  • Whatsapp
ILUSTRASI/NET
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Pengadilan Tinggi Palangka Raya menguatkan putusan Pengadilan Negeri Palangka Raya, menetapkan Medoe dan Fredy sebagai pemilik tanah seluas 7.902,2 meter persegi di Jalan Barito Raya. “Salah satu penggugat sempat mencantumkan pekerjaannya sebagai anggota DPRD, padahal sudah tidak lagi terpilih lagi dalam periode berikutnya,” kata Pua Hardinata selaku Kuasa Hukum Tergugat, Rabu (20/1/2021).

Sebelumnya, Li, El, dan Re selaku penggugat mengklaim tanah di Jalan Barito Raya Kota Palangka Raya sebagai milik mereka mengacu pada Surat Pernyataan Tanah (SPT) l atas nama  almarhum suami Li serta SPT lain atas nama El dan Re. Tapi Medoe dan Fredy selaku Tergugat membantah dan mengaku lebih dahulu memiliki tanah tersebut. Keduanya menunjukan Surat Keterangan dari almarhum orangtuanya, yakni Duris P Unjik, yang merupakan mantan Lurah Panarung.

Dalam sidang perdata, Tergugat mengaku memiliki alas hak berupa Surat Keterangan No 594/273/101-TN/VII/1987 bertanggal 27 Juli 1987. Majelis Hakim mempertimbangkan surat tanah milik penggugat berada pada objek sengketa yang dimiliki Duris P Unjik. Surat tanah milik Duris P Unjik tidak terbukti palsu, sehingga tidak dapat dibatalkan secara hukum. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Palangka Raya akhirnya menyatakan menolak gugatan ketiga penggugat.

Tidak puas dengan putusan pengadilan tersebut, para penggugat mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung. Pua mengaku putusan pengadilan sudah jelas, sehingga tidak khawatir meski saat ini pihak penggugat tengah mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung RI. “Jika kemudian hari putusan berkekuatan hukum tetap dan tidak berubah, maka siapapun yang mengganggu tanah tersebut bakal menempuh jalur pidana,” pungkas Pua. ¬†dre

iklan atas

Pos terkait

iklan atas