2021, Pemko Akan Buka Lowongan Pekerjaan

  • Whatsapp
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota, Sahbirin Muhtar.
iklan atas

***Disiapkan 500 Formasi Guru, Nakes dan Tenaga Teknis

PALANGKA RAYA – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Palangka Raya, dimana pada tahun 2021 ini akan kembali membuka lowongan pada bidang pemerintahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota, Sahbirin Muhtar, Selasa (19/1/2021).

Kepada Tabengan ia mengatakan, akan ada sekitar 500 formasi yang disediakan dalam penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun anggaran 2021. Pelaksanaan penerimaan PPPK untuk Kota Palangka Raya ini sendiri, diakuinya telah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Pemko sudah mengajukannya beberapa waktu yang lalu kepada pemerintah pusat, ternyata untuk seleksi PPPK kita bisa lakukan untuk tahun ini. Namun sayangnya, untuk pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak kita lakukan karena tidak mendapatkan persetujuan pemerintah pusat. Padahal ada sekitar 500 formasi yang kita ajukan namun tidak mendapatkan jawaban,” tutur Sabirin.

Diungkapkannya, formasi dalam penerimaan PPPK akan berfokus kepada pemenuham tenaga pengajar untuk tingkat SD dan SMP, kemudian tenaga kesehatan (Nakes), dan tenaga teknis.

“Pemerintah pusat akan melakukan perekrutan guru besar-besaran, sekitar 1 juta tenaga guru akan direkrut termasuk di Palangka Raya ini untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang saat ini diisi oleh tenaga honorer. Untuk tenaga teknis, kemungkinan besar akan berkutat pada pemenuhan pada sektor informasi dan komunikasi, infrastruktur, keuangan daerah, dan sebagainya,” beber Sabirin.

Lebih lanjut, untuk sistem seleksi PPPK ini nantinya akan sama seperti pelaksanaan seleksi CPNS yakni menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Untuk kapan pastinya pelaksanaan seleksi dan persyaratan dalam PPPK ini, masih menunggu juknis dari kementerian. Yang pasti, saya ajak masyarakat yang berminat untuk mengikuti seleksi PPPK agar mulai mempersiapkan diri mulai sekarang agar bisa memperoleh hasil yang terbaik,” pungkas Sabirin. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas