Kasatpol PP Apresiasi Aksi Damai Berjalan Sesuai Prokes

  • Bagikan
Kasatpol PP Kalteng Baru I Sangkai turun langsung melakukan peninjauan ke Kantor Gubernur Kalteng untuk memantau lokasi digelarnya aksi damai di Palangka Raya, Senin (18/1/2021). ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalimantan Tengah (Kalteng) Baru I Sangkai turun secara langsung untuk memantau aksi damai terkait dengan pemekaran daerah Kotawaringin sebagai provinsi baru. Aksi damai memang mendapatkan pengawalan langsung dari pihak kepolisian, namun Satpol PP Kalteng turut mendukung aksi pengawalan dan pengawasan.

Baru I Sangkai mengatakan, kewenangan pengamanan memang menjadi hak penuh dan kewenangan kepolisian. Namun, aksi damai yang dilakukan ada di gedung milik pemerintah, yakni DPRD Kalteng dan Kantor Gubernur Kalteng, sehingga menjadi kewajiban Satpol PP untuk ambil bagian dalam melakukan pengawasan.

Satpol PP Kalteng, lanjut Baru, lebih kepada memberikan dukungan pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian. Meski demikian, Satpol PP Kalteng selalu siap apabila memang diperlukan tenaga untuk melakukan pengamanan bersama dengan pihak kepolisian. Hadirnya Satpol PP Kalteng dalam mendukung pengamanan, demi memberikan sedikit keringanan dalam menjalankan pengamanan.

“Kita dari Satpol PP Kalteng sangat mengapresiasi aksi damai yang dilakukan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Aksi damai berjalan dengan lancar dan aman, sehingga semua pihak dapat menyampaikan apa yang menjadi tuntutan kepada pemerintah Kalteng,” kata Baru, saat memberikan tanggapan terkait dengan pengamanan yang dilakukan Satpol PP Kalteng pada saat aksi damai lalu, di Palangka Raya, Selasa (19/1).

Dari awal aksi, kata Baru, baik di gedung DPRD Kalteng sampai di Kantor Gubernur Kalteng, Satpol PP terus mendukung pengawalan aksi yang dilakukan. Ada beberapa personel yang memang diturunkan untuk membantu tugas polisi, dalam roses pengawalan aksi damai kemaren. Memang, pengawalan yang dilakukan sangat dikhatirkan terjadi penyebaran virus Covid-19.

Ketatnya pengawalan, ungkap Baru, dan penerapan protokol kesehatan, serta taatnya para peserta aksi, membuat proses pengawalan dapat berjalan dengan baik. Satpol PP Kalteng siap dalam mendukung pengawalan yang dilakukan pihak kepolisian apabila memang diperlukan. Dan sudah menjadi tugas Satpol PP Kalteng dalam menjaga dan mengawasi, serta menerapkan peraturan daerah (Perda) yang ada. ded

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *