Pulang Pisau Tetapkan Status Waspada Banjir

  • Whatsapp
Pulang Pisau Tetapkan Status Waspada Banjir
Kalaksa BPBD Pulpis H Salahudin
iklan atas

PULANG PISAU/TABENGAN.COM- Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) H Salahudin mengatakan, sebagaimana warning dari BMKG bahwa seluruh wilayah Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah khususnya Pulpis diminta untuk menetapkan status waspada banjir.

“Kenapa kita menetapkan status waspada banjir, hal ini dikarenakan faktor cuaca yang cukup ekstrem. Curan hujan tinggi dan ditambah adanya kemungkinan peninggian permukaan air laut,” kata Salahudin, Senin (18/1/2021).

Salahudin menyebut, untuk Pulpis ada beberapa daerah yang menjadi atensi, yakni di Kecamatan Kahayan Tengah ada 3 desa, Kecamatan Banama Tingang ada 13 desa, dan 2 desa ini berada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan.

“Untuk 2 kecamatan ini sangat rawan akan terjadi bencana banjir,” ujar Salahudin.

Sedangkan beberapa desa yang berada di wilayah pinggiran laut Jawa, seperti di Kecamatan Sebangau Kuala sudah mengalami peninggian yang cukup siknifikan. Bahkan, berdasarkan laporan kepala desa sudah ada beberapa rumah yang sempat terendam.

“Untuk laporan terakhir di Kecamatan Sebangau Kuala sudah mulai surut, dan ombak sudah mereda,” tambah Salahudin.

Salahudin berharap masyarakat yang berada di pinggiran sungai, termasuk yang berada di pinggir laut Jawa agar waspada, terutama untuk aktivitas kegiatan ke laut ditunda dulu.

“Kita tetap melakukan kontrol dengan kontak beberapa kepala desa untuk melaporkan dan dengan update secara harian tentang kondisi permukaan aur di wilayah masing-masing,” katanya. c-mye

iklan atas

Pos terkait

iklan atas