Program DD Harus Sejahterakan Masyarakat

  • Whatsapp
Program DD Harus Sejahterakan Masyarakat
Ketua DPRD Mura Doni SP M.Si
iklan atas

PURUK CAHU/TABENGAN.COM Ketua DPRD Murung Raya (Mura) Doni SP M.Si meminta pemerintah desa membuat program dan kebijakan penggunaan dana desa (DD) yang mampu menyejahterakan masyarakatnya.

 “Ada penggunaan DD oleh beberapa desa yang prinsipnya asal bisa terserap tanpa melihat bagaimana manfaatnya. Namun ukuran atau indikator kesejahteran ini tidak pernah bisa terlihat contohnya seperti meningkatkan SDM dan melihat potensi desa dari sisi UKM,” terang politisi PDI Perjuangan ini, Minggu (17/1).

Ketua DPRD Mura menilai, sebagian besar penggunaan DD, selama ini porsinya lebih dominan untuk pembangunan sarana dan prasarana umum, yang menyangkut pembangunan fisik semata.

“Diakui masyarakat bahwa kita ingin pemberdayaan namun di sisi lain mereka juga mengeluhkan kurangnya akses dan infrastruktur, tetapi antara pembangunan infrastruktur dengan pemberdayaan secara umum, kami ingin mendengarkan juga bagaimana bisa disesuaikan dengan kondisi di desa” lanjutnya.

Doni mengharapkan agar setiap pemerintah desa bisa lebih efisien dalam mengatur dan membuat setiap program bagi desanya masing-masing terlebih lagi kondisi ekonomi yang menjadi prioritas dalam pemulihannya.

“Fokus yang perlu disoroti di desa yaitu kemampuan melihat bagaimana menciptakan jejaring ekonomi dari dana desa yang digelontorkan, sehingga selain pembangunan, pemberdayaan masyarakat melalui penciptaan jajaring ekonomi juga harus dipikirkan oleh pemerintah desa,” tutupnya. c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas