BMKG-Perubahan Cuaca, Waspada Bencana!

  • Whatsapp
ILUSTRASI/NET
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Kondisi cuaca 1-2 hari ke depan, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, masih berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang hampir di seluruh wilayah Kalteng.

Hal ini diungkapkan Prakirawan BMKG Kalteng Renianata kepada Tabengan di Palangka Raya, Jumat (15/1).

“Dalam beberapa hari berikutnya hanya berpotensi hujan ringan-sedang di beberapa wilayah, seperti di Kabupaten Barito Utara (Barut), Murung Raya (Mura), Seruyan, Kotawaringin Barat (Kobar), Kotawaringin Timur (Kotim), Sukamara, Kapuas, Pulang Pisau (Pulpis) dan sekitarnya,” kata Renianata.

Dia mengimbau agar masyarakat Kalteng tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat terjadi kapan saja. Waspadai juga potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Renianata juga mengingatkan tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang.

Sementara Prakirawan Ika Priti juga menambahkan, potensi hujan sedang hingga lebat masih terjadi di hampir seluruh wilayah Kalteng. Diperkirakan juga untuk besok hingga seminggu ke depan secara umum berpotensi hujan ringan-sedang.

Sedangkan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kalteng bagian selatan, di antaranya Kabupaten Sukamara, Kobar, Seruyan, Kotim, Katingan, Pulpis, Kapuas, Barito Selatan, Barito Timur, Palangka Raya, wilayah pesisir dan perairan selatan Kalteng. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas