Disdik Kapuas Diminta Perhatikan Perumahan Guru

  • Whatsapp
Disdik Kapuas Diminta Perhatikan Perumahan Guru
Kepala UPTD Disdik Kecamatan Kapuas Hulu Suryadi
iklan atas

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM- Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) diminta menyediakan fasilitas dan prasarana perumahan guru yang layak huni. Pasalnya, di sejumlah desa tempat guru bertugas, sebagian besar kondisi rumah guru sudah tak bisa ditempati lagi.

Selain rapuh termakan usia, rata-rata dari bangunan tersebut juga tidak pernah ada perbaikan. Belum lagi jarak tempuh yang jauh dan akses jalan sulit dilalui, ini semakin menambah berat beban para guru yang bertugas di daerah terpencil.

Kepala UPTD Disdik Kecamatan Kapuas Hulu Suryadi saat dibincangi Tabengan di ruang tunggu Disdik Kabupaten Kapuas, Kamis (14/1/2021), mengakui, ada beberapa sekolah yang tersebar di wilayah 14 desa, sebagian besar kondisi rumah guru sudah tidak bisa ditempati lagi.

“Hal ini kerap membuat sebagian guru yang ada di bawah UPTD mengeluh. Bahkan, ada yang bermohon untuk bisa dipindahkan ke wilayah lain, sebab untuk menetap di sana mereka terpaksa harus mengeluarkan biaya ekstra menyewa rumah masyarakat untuk tinggal,” kata Suryadi.

Karena itu, lanjut Suryadi, walaupun dirinya selalu berkoodinasi dengan Disdik Kabupaten dalam hal pemberian persetujuan rekomendasi atas keinginan para guru tersebut, ia berharap keluhan para guru di wilayah Kecamatan Kapuas Hulu terkait kurangnya fasilitas perumahan guru ini hendaknya mendapatkan perhatian serius.

“Setidaknya dengan adanya rumah atau tempat mereka bertempat tinggal dapat menepis keluhan dan alasan mereka untuk tak betah mengajar di mana mereka ditugaskan,” pungkasnya. c-yul

iklan atas

Pos terkait

iklan atas