14 Januari, Nakes Disuntik Vaksin Sinovac

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Vaksin Sinovac yang dipakai Indonesia untuk vaksinasi COVID-19, telah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota secara bertahap di wilayah Kalimantan Tengah, sejak Sabtu (9/1) dan Senin (11/1). Vaksin ini akan segera disuntikkan kepada tenaga kesehatan (Nakes) mulai Kamis (14/1) atau sehari setelah Presiden Joko Widodo divaksin, Rabu (13/1).
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, pendistribusian dilakukan dalam dua tahap, dikarenakan keterbatasan kendaraan khusus mengangkut vaksin ke daerah.
“Hari ini (Senin) gelombang kedua yang didistribusikan, tapi internal saja, tidak ada pelepasan secara resmi seperti gelombang pertama. Selanjutnya, vaksin mulai disuntikkan kepada Nakes, Kamis, 14 Januari atau sehari setelah Presiden divaksin, Rabu, 13 Januari,” kata Sayuti Syamsul yang juga Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalteng, Senin.
Untuk gelombang kedua ini, distribusi ke Kabupatan Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Barito Selatan, Barito Timur dan Barito Utara. Sedangkan pada gelombang pertama, Sabtu lalu, ke Kota Palangka Raya, Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Gunung Mas, Murung Raya, Pulang Pisau dan Kapuas.
Hanya distribusi ke Gunung Mas dan Murung Raya yang menggunakan jalur udara, sedangkan ke daerah lain melalui darat dengan diangkut truk Dinas Kesehatan dan Yakult.
Dijelaskan Suyuti, tahap pertama Kalteng mendapat sebanyak 15.680 dosis vaksin yang nantinya diprioritaskan bagi Nakes dan tenaga lain yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan atau langsung berhubungan dengan pasien.
Berdasarkan laporan dan hasil pemantauan, semua gudang farmasi kabupaten/kota dan 202 Puskesmas se-Kalteng, telah memilih rantai dingin yang terdiri dari freezer dan cold box.
Dapat disimpulkan, Kalteng telah siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan tahap-tahap selanjutnya. Adapun rincian vaksin untuk seluruh kabupaten/kota di Kalteng, Kotawaringin Barat 1.280 dosis, Kotawaringin Timur 1.543 dosis, Kapuas 1.687 dosis, Barito Selatan 910 dosis, Barito Utara 1.016 dosis dan Sukamara 480 dosis. Lamandau 607 dosis, Seruyan 988 dosis, Katingan 799 dosis, Pulang Pisau 682 dosis, Gunung Mas 682 dosis, Barito Timur 776 dosis, Murung Raya 940 dosis dan Palangka Raya 2.290 dosis. Jumlah seluruhnya 14.680 dosis. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas