Panwaslih: KPU Bartim Langgar Administrasi

21

TAMIANG LAYANG/tabengan.com – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Barito Timur menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan pelanggaran administrasi pemilihan atas ditolaknya pasangan H Rayesnan dan Marcopolo (Rama).

Ketua Panwaslih Bartim Daniwandra SPi, Kamis (18/1) malam, mengatakan, Panwaslih telah mengeluarkan surat rekomendasi sebagaimana laporan dari Chandra Bakti Tama dan H Rayesnan dengan nomor: 01/LP/PB/Kab.Bartim/21.03/I/2018.

“Bahwa KPU Bartim telah menemukan adanya pelanggaran administrasi,” kata Daniwandra.

Masalah tersebut dituangkan dalam surat Panwaslih Bartim nomor: 024/PANWASLIH-BT/DIV.HPP/I/2018 tertanggal 17 Januari 2018, merekomendasikan KPU Bartim untuk menerima serta mencermati dan meneliti kembali berkas paslon Bupati dan Wakil Bupati Bartim H Rayesnan dan Marcopolo sesuai pasal 39 ayat 8, PKPU RI No.3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Berdasarkan UU RI No.10/2016, pasal 140 ayat 1, KPU Bartim diminta memeriksa dan memutuskan pelanggaran administrasi sebagaimana dimaksud dalam kurun waktu paling lama tujuh hari sejak rekomendasi diterima,” ungkapnya.

Sementara itu, saat menggelar konferensi pers, paslon Rama menerima rekomendasi yang dikeluarkan panwaslih. Marcopolo menegaskan, pihaknya bertekad menjalankan pilkada Bartim sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Selain itu, pihaknya menunggu panggilan dari KPU Bartim untuk menerima berkas pendaftaran sesuai rekomendasi Panwaslih dengan waktu 7 jari sejak direkomendasikan oleh panwaslih setempat.

“Jika KPU tidak melakukan rekomendasi Panwaslih, kami akan mengambil langkah hukum lainnya. Namun kami tetap berharap agar pihak KPUD Bartim dapat menerima berkas pencalonan kami,” ujarnya.

Saat dihubungi via telpon, Ketua KPU Bartim Zainal Hamli mengatakan, pihaknya segera melakukan rapat internal dan berkoordinasi dengan pihak KPUD Provinsi untuk mengambil langkah selanjutnya. c-yus

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here