Brimob Kawal Ketat Pengiriman Vaksin ke Daerah

  • Whatsapp
Dansat Brimob Kombes Pol Bambang Widjanarko
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Pendistribusian Vaksin Sinovac akan dilakukan hari ini, Sabtu (9/1/2021), mulai dari Bundaran Besar Kota Palangka Raya menuju 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.  Satbrimob Polda Kalteng memastikan melakukan pengawalan secara ketat dan berlapis dalam pendistribusian tersebut.

Kepala Pengamanan Pendistribusian Vaksin Sinovac, Kombes Pol Bambang Widjanarko mengatakan,  pendistribusian vaksin Sinovac khusus Kalimantan Tengah dibagi menjadi dua gelombang.   Gelombang pertama dilakukan ke tiga tujuan, yakni Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur dan Seruyan menggunakan jalur darat. Kemudian Kota Palangka Raya, Pulang Pisau dan Kapuas menggunakan jalur darat.

Dilanjutkan dengan Kabupaten Gunung Mas dan Murung Raya yang didistribusikan menggunakan helikopter.  “Leading sektor pengawalan dan pengamanan pendistribusian vaksin ini adalah Satbrimob,” ucapnya, Jumat (8/1).  Dalam pengawalan tersebut hal yang paling diantisipasi adalah terkait suhu dari vaksin Sinovac. Sedangkan terkait ancaman lainnya sudah dapat diminimalisir dengan pengawalan dan penjagaan yang ketat secara berlapis.

“Justru yang menjadi atensi adalah bagaimana vaksin itu tetap terjaga dengan suhu antara 2-8 derajat celcius.  Pemerintah hanya memiliki satu unit mobil untuk mengatasinya, untuk itu kita bekerja sama dengan pihak Yakult menggunakan sarananya membawa vaksin,” tuturnya.

Bambang menambahkan, gelombang kedua pendistribusian vaksin Sinovac dijadwalkan berlangsung Senin (11/1/2021) dengan dua tujuan. Yakni Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara. Dilanjutkan Barito Selatan (Barsel), Barito Timur (Bartim) dan Barito Utara (Barut). “Total ada 14.680 vaksin yang didistribusikan. Ini baru gelombang pertama, nanti akan ada gelombang berikutnya,” ungkap Bambang.  fwa 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas