Sarana Belajar Anak, Sikomos Kodim Palangka Ciptakan Anak Gemar Membaca 

  • Whatsapp
GEMAR MEMBACA- Sejumlah anak-anak di Jalan Manunggal, Kota Palangka Raya saat menikmati fasilitas Sikomos sebagai perpustakaan keliling ramah anak milik Kodim Palangka Raya. ISTIMEWA  
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial (SIKOMOS) Kodim 1016 Palangka Raya kembali hadir di tengah masyarakat. Inovasi dalam pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat tersebut menjadi salah satu perpustakaan keliling yang ditunggu anak-anak.

Menggunakan kendaraan roda tiga yang dimodifikasi menjadi perpustakaan dan berpenampilan menarik, sejumlah anggota Babinsa Koramil Pahandut berkeliling menuju Jalan Manunggal Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kamis (7/1/2021).

Maksud dan tujuan untuk mengajak anak-anak tetap ada kegiatan belajar membaca walaupun sekolah masih diliburkan disamping belajar secara daring, serta untuk mendekatkan diri antara petugas TNI dengan masyarakat dalam rangka menciptakan anak anak tetap gemar membaca.

Kedatangan anggota TNI ini disambut antusias anak-anak yang penasaran dengan tampilan perpustakaan tersebut. Anggota kemudian memberikan buku bacaan kepada anak-anak yang ada di wilayah tersebut.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Babinsa Kelurahan Sabaru, Peltu Didik, Babinsa Bukit Tunggal, Serka M. Arifin, Babinsa Kelurahan Menteng, Serka Eko Wijaya dan Babinsa Kelurahan Tanjung Pinang, Sertu Sarifudin.

Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf I Gede Putra Yasa, mengatakan sarana tersebut merupakan sistem pendidikan kreatif dengan menghadirkan suasana gembira bagi anak di masa pendemi sekarang ini.

“Melihat antusias anak-anak ini tentu saja mampu mengobati rindu mereka akan suasana belajar di sekolah karena sudah lama menjalani sistem pembelajaran online,” kata Dandim.

Sedangkan Fatimah, salah satu warga menyebutkan jika kehadiran Sikomos sangat bermanfaat terlebih bagi anak-anak di wilayah binaan babinsa. Menurutnya dengan penampilan Sikomos yang cukup menarik dan kreatif mampu menarik anak untuk datang dan membaca buku yang telah disiapkan.

“Buku-bukunya juga lengkap, baik terkait pelajaran maupun cerita bergambar yang disukai anak. Mungkin Sikomos bisa datang rutin karena kelihatannya anak-anak juga tertarik untuk membaca buku yang disediakan,” tuturnya. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas