Vaksin Covid-19 Tiba, Begini Reaksi Masyarakat

  • Whatsapp
Vaksin Covid-19 Tiba, Begini Reaksi Masyarakat
Foto: 1. Muchy Donald 2. Claudya Natasya 3. Benny M Tundan
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Datangnya ribuan dosis vaksin Sinovac kiriman dari Pemerintah Pusat RI kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat apresiasi dan antusias dari masyarakat. Pasalnya, sekalipun belum diketahui sampai kapan pandemi Covid-19 berakhir, tapi dengan tibanya vaksin tersebut dirasakan membawa secuil harapan.

Di antaranya musisi lokal Kalteng yang berdomisili di Palangka Raya, Muchy Donald. Kepada Tabengan, ia mengatakan, secara pribadi dengan tibanya vaksin di Kota Palangka Raya sangat memberi harapan yang baik untuk memulai pemulihan, terutama untuk dirinya pelaku usaha di bidang entertain.

Dia berharap semoga dalam waktu dekat ini akan ada event-event musik dan sejenisnya di Kota Palangka Raya dan membawa kembali pemulihan ekonomi untuk para pelaku seni yang ada.

“Harapan kami semoga vaksin cepat direalisasikan untuk seluruh masyarakat. Pokoknya doa yang terbaik untuk pemerintah, NKRI is the best,” tuturnya, Rabu (6/1).

Di lain tempat, pemilik Sanggar Marajaki, Benny Tundan mengajak masyarakat untuk bersabar lebih dulu. Karena menurutnya, hal itu adalah modal utama dalam menghadapi pandemi.

“Dengan adanya vaksin, sosialisasikan teknis penggunaan vaksin tersebut, baik cara mendapatkan dari bayar atau gratis, dampaknya sejauh mana? Maklum setiap manusia beda-beda pengaruhnya itu. Dan, golongan yang diutamakan untuk ke siapa dulu (Nakes, TNI-Polri, PNS), apakah langsung ke masyarakat,” tanya dia.

Akan tetapi, lanjut Benny, poin pentingnya adalah terkait hak asasi manusia (HAM). Karena dapat dipastikan ada masyarakat yang mau divaksin dan tidak mau divaksin.

“Kalau Ben pribadi lebih mengutamakan kesabaran, fokus alami untuk menghadapi Covid-19 dengan utamakan prokes. Utamakan hidup yang sehat dan makan yang bergizi, tentunya dukungan herbal (kearifan lokal). Imun tubuh dijaga dan selalu optimis membawa hati yang gembira,” tandasnya.

Selain kedua seniman lokal Palangka Raya, komentar senada datang dari Claudya Natasya. Gadis yang pernah terpilih menjadi Putri Pariwisata Kota Palangka Raya 2018 mengatakan, di tengah ketidakpastian kapan pandemi berakhir, kini ada titik terang.

Claudya mengharapkan, vaksin Covid-19 diberikan dulu kepada tenaga kesehatan yang sesuai dengan kriteria penerima vaksin sebagai garda terdepan penanganan covid-19.

“Hari Selasa, 5 Januari 2021 kemarin, vaksin Covid-19 tiba di Palangka Raya dengan aman. Tentunya hal ini menjadi harapan baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kalteng,” tuturnya.

Kendati demikian, Claudya mengimbau meskipun telah ada vaksin Sinovac, masyarakat jangan lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sebagai bentuk dukungan bagi pemerintah dan seluruh tenaga kesehatan yang sedang berjuang untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

“Tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin guna mendukung pemerintah dan demi kebaikan kita bersama dalam mencegah penularan virus Covid-19,” ujar Claudya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas