Hari Ini Vaksin Tiba di Palangka Raya

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dr H Suyuti Syamsul
iklan atas

 **17.942 Nakes Kalteng Divaksin Bertahap

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi yang mendapatkan jatah untuk melakukan vaksinasi. Tahap pertama proses vaksinasi dikhususkan bagi tenaga kesehatan (Nakes) di 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalteng.

Pada tahap pertama, vaksin akan diberikan kepada 14.680 Nakes, sesuai banyaknya kiriman dosis vaksin yang diterima Kalteng. Sisanya 3.262 Nakes, divaksin tahap berikutnya. Total ada 17.942 Nakes yang didaftarkan masing-masing daerah melalui website Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul menjelaskan, Nakes yang divaksin adalah Nakes yang bekerja pada pelayanan kesehatan. Utamanya rumah sakit, laboratorium, klinik, sampai pada Puskesmas, bahkan praktik perorangan.

“Data itu berdasarkan jumlah yang diajukan oleh masing-masing kabupaten dan kota, sehingga Dinkes Kalteng hanya memperoleh data secara keseluruhan,” kata Suyuti, saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Senin (04/01/2021).

Nakes menjadi sasaran utama vaksin, mengingat keberadaannya sebagai garda terdepan dalam menangani pasien yang terpapar Covid-19. Vaksin yang tiba di Kalteng tidak serta merta langsung disuntikkan.

Menurutnya, ada berbagai tahapan, salah satunya harus ada otorisasi penggunaan darurat dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM). Sementara menunggu itu, vaksin akan disimpan pada lemari penyimpanan yang dimiliki Dinkes Kalteng dengan kapasitas 40 ribu dosis.

Sementara untuk vaksinatornya, Dinkes Kalteng menggelar training of trainer untuk maksimal 200 orang Nakes terdiri dari dokter, perawat dan bidan dalam minggu ini. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah kecamatan. Mereka dilatih oleh Dinkes Kalteng dalam hal penggunaan vaksin, selanjutnya peserta akan memberikan pelatihan lagi di daerahnya masing-masing.

Menurut Suyuti, sambil melihat perkembangan selanjutnya, apabila jumlahnya kurang, maka akan ditambah lagi. Karena maksimal 1 orang itu menyuntik vaksin 50 kali, sehingga Nakes yang dilibatkan tidak terlalu banyak. Saat ini Dinkes masih menunggu petunjuk selanjutnya dari pusat terkait penggunaan vaksin.

 Tiba Hari Ini

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang mulai didistribusikan secara bertahap ke 34 provinsi pada Minggu (03/01/2021) lalu, diperkirakan tiba di Kalteng,  Selasa (05/01/2021), hari ini.

“Vaksinnya datang Selasa, 5 Januari dengan pesawat pagi. Vaksin datang pertama ini semuanya untuk Nakes dulu yang aktif bertugas di tempat pelayanan kesehatan,” kata Suyuti.

Meski begitu, vaksinnya belum bisa langsung diberikan kepada Nakes karena hingga kini belum ada persetujuan atau izin penggunaan dari BBPOM. Ketika sudah ada perintah dari pusat untuk penggunaan vaksin, maka akan diberikan ke daerah selanjutnya untuk diberikan kepada Nakes. ded/yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas