Mamapas Lewu, Ritual Syukur Berdaya Tarik Wisata

  • Bagikan
RITUAL ADAT- Pembukaan Ritual Mamapas Lewu oleh Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Rabu (30/12/2020). TABENGAN/DANIEL

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mewakili Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin membuka Ritual Mamapas Lewu di Rumah Betang Hapakat Jalan RTA Milono, Rabu (30/12.2020).

Hera mengatakan, Ritual Mamapas Lewu adalah kegiatan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas apa yang sudah dikaruniakan-Nya bagi masyarakat Dayak. Juga sebagai bentuk harapan doa terkait dengan apa yang akan dilakukan di tahun 2021.

Hera menyebut, adalah menjadi tugas seluruh komponen masyarakat di Palangka Raya secara khusus, agar kegiatan yang kental dengan nilai-nilai budaya tersebut dapat terus lestari dan diturunkan kepada generasi-generasi saat ini.

“Kita mengangkat nilai-nilai kearifan lokal yang selama ini sudah dilaksanakan menjadi suatu budaya lokal di Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya. Jadi ini sangat baik dan juga perlu disosialisasikan terus pada generasi-generasi sekarang yang mungkin sudah berkurang,” tuturnya.

Harapannya, sambung Hera, dengan pelaksanaan Ritual Mamapas Lewu, selain membangun budaya lokal agar dapat bertahan dalam perubahan zaman yang begitu cepat saat ini, namun juga dapat menjadi sarana menginformasikan kepada masyarakat di luar Palangka Raya dan luar Kalimantan bahkan dunia, sehingga dapat menjadi sebuah daya tarik wisata.

“Oleh karena itu, kegiatan ini perlu terus-menerus kita bangun, budayakan, informasikan dan dapat menjadi daya tarik wisata di Kota Palangka Raya,” katanya. dsn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *