KONI Kalteng Bagi 16 Cabor PON Jadi 3 Kelompok

  • Whatsapp
KONI Kalteng Bagi 16 Cabor PON Jadi 3 Kelompok
Ketua Harian KONI Kalteng Christian Sancho
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, sehingga bisa meraih prestasi di multievent olahraga tingkat nasional ini.

Ketua Harian KONI Provinsi Kalteng Christian Sancho menyampaikan, 16 cabang olahraga (Cabor) yang lolos PON dibagi dalam 3 kelompok. Delapan Cabor masuk dalam kelompok I, 4 Cabor masuk kelompok II dan 4 Cabor lagi masuk kelompok III.

“Kalau anggaran terbatas KONI fokus mempersiapkan dan memberangkatkan Cabor-cabor masuk kelompok I. Tapi kalau anggarannya cukup maka akan mempersiapkan dan berangkatkan 16 Cabor ke PON,” kata Sancho, Rabu (30/12/2020).

Delapan Cabor yang masuk dalam kelompok I, dayung, atletik, catur, panahan, tinju, biliar, menembak dan balap motor. Sementara kelompok II, panjat tebing, sepakbola putri, bola voli pasir, binaraga. Cabor yang masuk kelompok III sepak takraw, anggar, bulutangkis dan softball.

Pengelompokan Cabor ini dilakukan oleh Bidang Pembinaan Prestasi KONI berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya prestasi yang diraih pada PON XIX 2016, babak kualifikasi PON 2019, kemudian Cabor lolos PON yang atletnya berada di Pelatnas Sea games serta yang potensi meraih medali.

Sementara di Cabor kelompok II berdasarkan hasil peringkat 4 sampai dengan 5. Sementara itu di peringkat ketiga Cabor yang dinyatakan lolos ke PON XX.

Berdasarkan anggaran yang tersedia, KONI juga akan terus melakukan seleksi cabor-cabor yang potensi medali dan tambahan anggaran yang kiranya untuk peralatan nantinya karena sangat perlu juga disiapkan, selain Pelatda terpusat maupun mandiri di daerah maupun luar daerah dengan tetap memerhatikan protokol Covid-19. yml

 

iklan atas

Pos terkait

iklan atas