CEGAH KERUSAKAN INFRASTRUKTUR- Fungsikan Kembali Jembatan Timbang

  • Bagikan
Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Toga Hamonangan Nadeak

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Toga Hamonangan Nadeak mendorong agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memfungsikan kembali fasilitas jembatan timbang truk yang ada di seluruh wilayah Kalteng.

Hal ini mengingat masih banyaknya jembatan timbang di Kalteng, yang tidak difungsikan dan berdampak pada banyaknya kendaraan-kendaraan perusahaan swasta yang ada di daerah, bebas membawa muatan melebihi tonase yang ditentukan.

“Kita bisa lihat sendiri, banyak jembatan timbang truk di wilayah kita ini khususnya yang ada di daerah-daerah sana itu yang terbengkalai dan tidak difungsikan. Sehingga banyak truk-truk yang muatannya overload melintasi jalanan kita yang notabene nya hanya sanggup menahan tonase sesuai yang ditentukan pemerintah. Akibatnya, itulah banyak jalanan kita yang rusak, khususnya di daerah-daerah sana,” ujarnya ketika dibincangi Tabengan di gedung dewan, belum lama ini.

Atas dasar itu lah, politisi dari Fraksi Partai NasDem DPRD Kalteng ini pun berharap, pemerintah dapat mengoperasionalkan kembali jembatan timbang truk yang ada di daerah sesuai dengan fungsi dan tujuannya dibangun. Sehingga, truk-truk pengangkut hasil industri di daerah tidak semena-mena membawa muatan yang lebih dari ketentuan pemerintah.

“Jika truk-truk itu sesuai dengan peraturan dalam membawa muatannya, tentu infrastruktur kita yang ada didaerah khususnya infrastruktur jalan itu bisa lebih awet dan terjaga. Selain itu saya rasa jembatan itu juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita, jadi alangkah baiknya jika pemerintah kita bisa memfungsikan jembatan timbang itu lagi sebagaimana mestinya,” pungkas wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi  Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini. bob

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *