Kades di Mura Diminta Mampu Gali PAD

  • Bagikan
SINERGIS- Bupati Perdie M Yoseph bersama Ketua DPRD Doni saat dibincangi wartawan.TABENGAN/JOKO SANTOSO

PURUK CAHU/TABENGAN.COMPendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Murung Raya hingga saat ini belum tergali optimal. Terutama di bidanmg pariwisata.

Di berbagai kesempatan bertemu masyarakat, Bupati Perdie M Yoseph selalu menekankan kepada aparatur desa agar lebih kreatif  mengembangkan  potensi alam di wilayahnya untuk dijadikan PAD. Yaitu dengan cara menyisihkan dari Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membangun infrastruktur kepariwisataan menyesuaikan dengan karakter daerah masing-masing.

Dengan tersedianya tempat yang refresentatif untuk berwisata akan memberikan daya tarik orang dating, baik sekadar hanya refresing maupun melakukan hal bersifat penelitian.

Desa Osom Tompok Kecamtan Tanah Siang berjarak sekitar 45 km dari Kota Puruk Cahu, menyimpan keindahan alam yang tersembunyi berupa air terjun, dengan ketinggian kurang lebih 20 meter dengan kolam bening dan bebatuan berlumut dibawahnya.

Ongkong Babuat begitulah warga setempat menyebut curuk tersebut. Bagi provinsi sekaliber di pulau Jawa air terjun seperti seperti Ongkong Babuat pasti sudah sejak lama diserbu wisatawan.

Sayangnya, Ongkong Babuat tidak terkelola dan hanya sebagai pelengkap keindahan rimba Murung Raya yang liar. Tanpa dikelola dengan baik, potensi alam serupa yang berada di seantero jagad Mura tidak akan menghasilkan apapun bagi warga sekitar maupun berkontribusi terhadap PAD Mura.

Perlu adanya kerjasama yang baik dari aparatur desa yang mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membuka keterpurukan wisata di wilayah Tanah Malai Tolung Lingu.

Ongkong Babuat ketika dikemas dengan baik disertai dengan promosi mumpuni diyakini dalam waktu singkat akan viral dan menghasilkan pundi-pundi uang bagi warga desa maupun bagi daerah.c-sjs

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *