GUGATAN PILGUB- KPU Tunggu Keputusan MK

  • Bagikan
Ketua KPU Kalteng Harmain dan Ujang Iskandar

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK). Hasil pleno rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng menempatkan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo (Sugianto-Edy) unggul atas Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar (Ben-Ujang).

Calon Wakil Gubernur Kalteng Ujang Iskandar menyampaikan, sekarang ini berkas gugatan atas hasil Pilgub Kalteng sudah diajukan ke MK. Tim masih menunggu hasil dari verifikasi berkas gugatan yang diajukan Ben-Ujang. Intinya, berkas gugatan sudah diajukan ke MK, Ben-Ujang optimis gugatan diterima, dilanjutkan persidangan dan menang.

“Gugatan ini diajukan karena diduga ada begitu banyak pelanggaran yang dilakukan, sehingga menguntungkan pasangan calon 02. Ben-Ujang menggugat surat keputusan (SK) KPU Kalteng terkait dengan hasil pleno. Hasil pleno ini tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Tim menemukan ada begitu banyak pelanggaran yang terjadi,” kata Ujang via telepon, Senin (28/12/2020).

Dia menegaskan, gugatan diajukan bukan karena tidak legawa menerima hasil pleno KPU, tapi karena diduga begitu banyak pelanggaran. Ben-Ujang mengajukan gugatan ke MK untuk mendapatkan keadilan. MK menjadi satu-satunya lembaga yang secara aturan memiliki kewenangan menyelesaikan sengketa Pilkada.

Terpisah, Ketua KPU Kalteng Harmain menyatakan, sampai saat ini masih belum ada informasi terkait dengan seperti apa gugatan yang diajukan ke MK. KPU Kalteng masih menunggu seperti apa keputusan yang dikeluarkan MK atas Pilgub Kalteng. Apabila memang diterima, KPU Kalteng sudah siap untuk menghadapinya.

“Perihal pengacara yang akan digunakan KPU, itu rahasia. Intinya, sekarang ini masih menunggu hasil keputusan MK atas gugatan tersebut. KPU Kalteng siap untuk bersidang apabila memang gugatan diterima. Apabila gugatan ditolak, tentu tetap menunggu SK MK sebagai landasan bagi KPU dalam menetapkan pemenang,” tutup Harmain.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *