BNNP Kalteng Segera Bentuk Tim Assesmen Terpadu Se-Kalteng

  • Bagikan
Kepala BNN Kalteng Brigjen Pol Edy Swasono

PALANGKA RAYA/TABENAGN.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah akan segera membentuk Tim Assesmen Terpadu (TAT) di setiap kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Kehadiran TAT nantinya akan menjadi angin segar bagi BNNP Kalteng untuk menyeleksi penyalahguna narkotika untuk disembuhkan.

Kepala BNN Kalteng Brigjen Pol Edy Swasono mengatakan, berdasarkan yuridis formalnya TAT sebenarnya berada di bawah komando BNN Kabupaten. Namun karena situasi dan kondisi maka akan diperankan oleh BNNP Kalteng. Nantinya personel TAT akan diberikan pelatihan dan diberikan sertifikasi oleh BNNP Kalteng.

“Di dalam TAT terdiri dari kejaksaan, penyidik narkoba, Dinas Kesehatan yang terdiri dari bidang kesehatan medis dan sosial, lalu Balai Pemasyarakatan (Bapas) jika nantinya penyalahguna narkotika merupakan anak di bawah umur,” katanya, Senin (28/12/2020).

Disebutkan, TAT berperan menyeleksi lebih awal penyalahguna narkotika agar tidak salah dalam penerapan hukum. Korban narkotika seharusnya dirawat bukan di penjara. Edy pun menerangkan jika konsep penjara  selama ini tidak efektif dan bahkan menambah jumlah pengedar maupun bandar narkotika.

“TAT bertugas manakala petugas menangkap tangan penyalahguna narkotika, tentunya dengan sejumlah ketentuan, yakni barang bukti narkotika di bawah 1 gram dan hasil tes urine positif. Hasil assesmen dari TAT akan menjadi bahan kesimpulan dari hakim melalui Acara Persidangan Singkat (APS),” tuturnya.  fwa

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *