DPRD Setujui Pembangunan RS Tipe A

  • Bagikan
Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menyetujui rencana kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha (KPDBU) pembangunan rumah sakit (RS) kelas A di Kalteng. Persetujuan DPRD tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna ke-11 masa persidangan III tahun sidang 2020, di gedung dewan, Rabu (23/12/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kalteng Wiyatno didampingi Wakil Ketua I H Abdul Razak. Kemudian dari Pemprov Kalteng diwakili Sekda H Fahrizal Fitri serta dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD Kalteng dan perwakilan SOPD.

Menurut Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, persetujuan DPRD terhadap rencana pembangunan RS kelas A yang diusulkan Pemprov Kalteng telah dibahas sesuai mekanisme dengan proses yang cukup panjang. Oleh sebab itu, DPRD akhirnya bisa menyetujui rencana pembangunan RS yang ke depan diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

“Tadi kita telah melaksanakan Paripurna persetujuan terhadap rencana kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha rumah sakit kelas A Provinsi Kalteng,” kata Wiyatno.

Sementara, Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Partai Golkar Hj Siti Nafsiah yang menyampaikan laporan hasil rapat gabungan komisi terhadap hasil pembahasan KPDBU kelas A tersebut menjelaskan, pembahasan telah dilaksanakan dalam rapat gabungan, Selasa (22/12/2020). Dalam rapat tersebut, rencana pemerintah itu disetujui oleh 6 fraksi pendukung DPRD Kalteng.

Keenam fraksi tersebut, Fraksi PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, Gerindra, PKB dan Fraksi Gabungan PAN, PPP, PKS, Perindo dan Hanura.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan rapat gabungan dan disetujui 6 fraksi dan hanya Fraksi Partai NasDem yang belum bisa menerima,” kata Nafsiah.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng ini juga mengatakan, meski menyetujui KPDBU RS kelas A, tetapi DPRD Kalteng juga memberikan beberapa kepada pemerintah daerah untuk diteliti dan dipelajari rencana kerja sama tersebut ke depannya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng melalui pidatonya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) H Fahrizal Fitri mengatakan, dengan adanya RS kelas A di Kalteng, pelayanan terhadap masyarakat luas bisa menjadi lebih maksimal dan diharapkan menjadi rumah sakit rujukan nasional.

Oleh karena itu, atas persetujuan dewan terhadap KPDBU RS kelas A tersebut, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya.

“Pada tahun 2021 itu kita sudah masuk tahap transaksi dan memang sangat diperlukan dukungan DPRD Kalteng. Karenanya, dengan adanya persetujuan ini, kami sangat berterima kasih kepada pihak DPRD Kalteng,” kata Fahrizal. bob/sgh

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *