Teras Dorong BUMDes Mampu Berinovasi

  • Bagikan

KASONGAN/TABENGAN.COM-Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Agustin Teras Narang kembali melanjutkan reses secara virtual ke Desa Telangkah, Desa Banut Kalanaman dan Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Selasa (22/12/2020).

Seperti reses sebelumnya di beberapa desa wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Teras menekankan agar pemerintah desa dapat melaksanakan program pembangunan melalui Dana Desa dengan tepat sasaran serta upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Selain itu, Teras mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk berinovasi mencari terobosan-terobosan dalam rangka menambah pendapatan asli desa (PADes). Sehingga pembangunan desa semakin maju dalam segala bidang dan masyarakatnya juga lebih sejahtera.

“Saya harapkan BUMDes mampu memberikan nilai tambah bagi pendapatan desa. Namun pengurus BUMDes harus mampu mencari terobosan yang baru, salah satunya bermitra dengan perusahaan yang beroperasi di sekitar desa. Misalnya sebagai pemasok barang dan bahan pokok untuk kebutuhan perusahaan,” saran Teras.

Kemudian BUMDes dapat bekerja sama dengan pangkalan LPG 3 kilogram subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa, yang mana selama ini kesulitan mendapatkan tabung tabung LPG dan dengan harga tinggi. Sebagaimana diakui masyarakat bahwa kebutuhan akan gas LPG 3 kg sangat dibutuhkan untuk keperluan hidup sehari-hari.

“Namun hal ini tidak mudah tetapi memerlukan kepiawaian para pengurus BUMDes, sehingga keberadaan badan usaha desa ini benar-benar bisa berjalan baik serta dapat meningkatkan pendapatan asli desa,” harap Teras.

Terkait usulan penambahan insentif bagi aparat Pemerintah Desa dan pengurus BUMDes, mantan Gubernur Kalteng dua periode ini berjanji akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Katingan supaya menjadi perhatian. Karena hal tersebut juga untuk kepentingan dan kelancaran pembangunan di desa wilayah tersebut. adn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *