DUA KUBU DEMO DAMAI

  • Bagikan
DAMAI - Thoeseng TT Asang dan Ingkit BS Djamper menyerahkan surat aspirasi ke Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim. Tampak juga Juru Bicara Aksi Damai Ben-Ujang, Dagut H Djunas saat menyerahkan surat aspirasi ke perwakilan OJK Kalteng, Selasa (22/12) siang.TABENGAN/YULIANUS

**01 Sampaikan Hak Konstitusi, 02 Kawal Hasil Pilgub

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Hasil rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) direspons beragam oleh masing-masing pasangan calon (paslon). Bagi paslon 01 Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar (Ben-Ujang), bukan tidak menerima hasil pleno rekapitulasi, tapi lebih kepada mempergunakan hak konstitusi semata.

Sementara bagi paslon 02 Sugianto Sabran-Edy Pratowo (Sugianto-Edy) yang unggul dalam pleno rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng, minta untuk mengawal hasil yang sudah dilaksanakan KPU Kalteng. Menyikapi itu, kedua kubu melakukan aksi damai sebagai wujud dukungan terhadap masing-masing paslon.

Juru Bicara Aksi Damai Ben-Ujang, Dagut H Djunas mengatakan, apa yang dilakukan simpatisan, relawan dan tokoh yang mendukung Ben-Ujang, bukan aksi demo. Tidak ada orasi yang dilakukan, hanya semata menyampaikan aspirasi kepada sejumlah lembaga terkait.

Hasil pleno memang diketahui, namun bukan berarti apa yang sudah dihasilkan tersebut Ben-Ujang tidak legawa, melainkan hanya mempergunakan hak konstitusinya.

“Ini bukan semata bicara menang dan kalah. Ada hak konstitusi yang diperbolehkan untuk dipergunakan dalam mencari kebenaran. Hak inilah yang dipakai Ben-Ujang, yakni menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Apapun hasil keputusan MK, menjadi tanggung jawab bersama untuk dapat ditaati. Bila Ben-Ujang menang, maka pihak 02 untuk dapat bersama mendukung 01 dalam membangun Kalteng,” kata Dagut, sebelum melaksanakan aksi penyampaian aspirasi Ben-Ujang, Selasa (22/12/2020), di Palangka Raya.

Sebaliknya, lanjut Dagut, apabila MK memutuskan gugatan ditolak, 01 siap mendukung 02 dalam membangun Kalteng. Hasil MK harus mengesampingkan ego, karena di atas semua itu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng adalah yang paling utama.

Bagi Ben-Ujang, adanya gugatan ke MK karena ada dugaan pelanggaran yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM), sehingga memberikan kemenangan bagi 02.

Aksi damai juga dilakukan oleh 02 Sugianto-Edy, dengan agenda mengawal hasil Pilgub Kalteng. Koordinator Lapangan Konssorsium Rakyat Kalteng Peduli Pilkada Damai (Korkapda-Kalteng) Ingkit Beny Sam Djaper menegaskan, aksi ini murni dorongan nurani untuk mendukung langkah-langkah konstruktif, yang dilakukan para penyelenggara Pemilu sebagai pilar perwujudan demokrasi di Kalteng.

“Dukungan ini diberikan sebagai upaya menciptakan suasana kamtibmas yang aman dan damai sebagai dampak penggiringan opini dan membuat gesekan antarmasyarakat oleh segelintir oknum yang ingin memperkeruh suasana tidak kondusif, dan menjatuhkan kredibilitas para penyelenggara Pemilu,” kata Ingkit, Selasa.ded

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *