Teras Ajak Masyarakat Seruyan Hilir Timur Kembangkan Potensi Desa

  • Bagikan

SAMPIT/TABENGAN.COM- Berbagai potensi di pedesaan masih banyak belum digali dengan optimal. Salah satunya pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di sekitar desa sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Anggota DPD RI Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang ketika melakukan reses melalui virtual di wilayah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin (21/12/2020), mengajak masyarakat desa di wilayah kecamatan setempat untuk berupaya menggali potensi yang ada dalam rangka menambah penghasilan warga.

“Potensi di desa sudah ada tinggal bagaimana meningkatkan potensi tersebut. Misalnya nelayan bisa mengembangkan kolam tempat memelihara ikan, sehingga saat kondisi cuaca tidak menentu nelayan masih ada pemasukan masyarakat,” saran Teras menanggapi aspirasi warga Desa Sungai Bakau.

Kemudian mantan Gubernur Kalteng ini mengaku terkait hasil tangkap nelayan yang kurang memang kondisi cuaca yang buruk sehingga nelayan tidak dapat melaut. Ditambah lagi kejadian pandemi Covid-19 menyebabkan permintaan ikan menurun. Hal ini tidak hanya di wilayah Kalteng namun hampir di semua daerah.

Teras menambahkan, terkait objek wisata di desa dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait, sehingga objek wisata yang ada dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat desa sekitar. Jangan sampai desa tidak mendapatkan apa-apa dari hasil pendapatan objek wisata tersebut.

Teras juga mengharapkan mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa dapat melaksanakan program pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang diimplentasi dari program PBB. Melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dari program PBB ini, Kemendes PDTT menjabarkan jadi 9 tipe desa ini dianggap sesuai dengan SDGs desa. Dari kesemua program ini sebenarnya sudah dilaksanakan selama ini, tetapi pemerintah pusat mengharapkan lebih fokus lagi terhadap pelaksanaan program.

“Presiden menekankan agar program yang menyentuh kepentingan masyarakat mampu dirasakan langsung oleh masyarakat. Baik tekait kesehatan, pendidikan, ekonomi yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Teras.

Sementara Camat Seruyan Hilir Timur, H Muhamad Hasan menyampaikan, kecamatan pemekaran dengan 6 desa ini ekonomi masyarakat banyak yang bekerja sebagai nelayan dan karyawan perkebunan kelapa sawit.

Begitu pun Kepala Desa Sungai Bakau Yuyun Erawati mengatakan, sebagai desa bagian dari lokasi destinasi wisata mengharapkan hasil pendapatan asli daerah (PAD) dapat dirasakan oleh masyarakat untuk membangun desa. adn

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *