BRI Investigasi Raibnya Uang Nasabah

  • Whatsapp
BRI Investigasi Raibnya Uang Nasabah
ILUSTRASI/NET
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM Sempat viral pemberitaan bobolnya rekening salah satu nasabah bank Himbara yang menyebabkan puluhan juta saldo raib, direspons cepat jajaran perbankan di Kota Palangka Raya.

Kepala Kantor Cabang BRI Palangka Raya Setyo Agung Yulianto mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi sehubungan kejadian tersebut dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Setyo menegaskan, akan menyelesaikan kejadian tersebut dan menjamin keamanan seluruh transaksi perbankan nasabah dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam proses perbankan.

Dia juga mengimbau seluruh nasabah untuk menjaga kerahasiaan data nasabah dalam setiap transaksi perbankan, salah satunya dengan melakukan penggantian PIN ATM secara berkala.

“Untuk informasi lebih lanjut, nasabah BRI dapat mengunjungi website resmi BRI di www.bri.co.id atau dengan menghubungi Call Center Bank BRI di 14017,” katanya saat dikonfirmasi Tabengan melalui WhatsApp, Sabtu (19/12/2020).

Terpisah, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Otto Fitriandy mengatakan, terkait bobolnya rekening salah satu bank BUMN kemungkinan memang masih memerlukan penelusuran awal mulanya. Otto menyebut, yang sering terjadi adalah pembajakan OTP (One-Time Password).

“Hati-hati jangan pernah memberikan data pribadi (nama lengkap, nama ibu kandung, nomor KTP/KK, dan lainnya) serta kode OTP kepada siapa pun. Kejahatan pembajakan kode rahasia adalah pengambilalihan kode rahasia (OTP) korban oleh pelaku kejahatan, sebagai sarana untuk bisa mengeksploitasi uang elektronik atau uang di m-banking korban,” ujarnya.

Otto juga menyarankan, kepada nasabah yang merasa dirugikan dapat melakukan pengaduan nasabah ke Call Center OJK di 157 atau WA 081157157157 apabila tindak lanjut bank atas pengaduan nasabah masih dirasakan kurang memadai.

“Karena biasanya perlu waktu bagi bank untuk melakukan penelusuran permasalahan yang sebenarnya atas kasus yang terjadi,” kata Otto. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas