SITUS BUDAYA- Kapolda: Nyai Balau Sosok Wanita Tangguh Kalteng

  • Bagikan
TANDA TANGAN - Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo menandatangani prasasti Balai Keramat Raja Nyai Balau, Sabtu (19/12/2020).  ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo kembali melakukan peresmian terhadap situs budaya di Kalimantan Tengah. Teranyar, Kapolda meresmikan Balai Keramat Raja Nyai Balau yang terletak di Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas, Sabtu (19/12/2020) pagi.

Digelar secara virtual di lobi Mapolda Kalteng, kegiatan diikuti Wakapolda Brigjen Pol Indro Wiyono bersama pejabat utama. Tak lupa unsur Muspida di Kabupaten Gunung Mas yang berada di lokasi balai keramat.  Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Pada kesempatan itu, Kapolda memohon maaf karena tidak bisa hadir secara fisik dalam peresmian. Hal ini didasari masih tingginya angka Covid-19 yang senantiasa bertambah. Disebutkan,  renovasi dan peresmian situs budaya harus terus dilestarikan dan diturunkan ke generasi selanjutnya. Agar generasi millenial terus mengingat budaya leluhur dan tidak bergeser ke budaya barat.

“Budaya leluhur adalah watak dan cermin negara kita. Sudah sepatutnya kita lestarikan situs budaya, terutama di Kalimantan Tengah,” katanya.  Dedi menerangkan, sosok Nyai Balau dikenal sebagai wanita yang perkasa, kuat dan bijaksana semasa hidupnya. Nyai Balau merupakan salah satu tokoh Kalteng yang luar biasa. Dari kehidupan yang dijalani berdasarkan literasi dan penuturan anak cucuknya, dapat diketahui bahwa pada masa itu peradaban maju telah dimiliki Kalimantan Tengah.

“Dari sosok Nyai Balau ini dapat disimpulkan sudah ada keseteraan gender di Kalimantan Tengah yang dijunjung tinggi dan bukti peradaban yang maju. Keberanian dan keteladanan dari Nyai Balau dapat menjadi contoh bagi wanita masa kini,” tuturnya. Ia berharap, dengan diresmikannya Balai Keramat Raja Nyai Balau dapat menjadi salah satu warisan budaya bangsa yang dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.  fwa

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *