Achmad Diran Terkejut, DPP Kembali Tunjuk Dirinya Pimpin PAN Kalteng

  • Bagikan
Ketua DPW PAN Kalteng H Achmad Diran foto bersama dengan jajaran pengurus harian DPW dan perwakilan DPP usai pembukaan Muswil V PAN Kalteng, Minggu (20/12/2020). LIU

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) menunjuk Ir H Achmad Diran sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Kalimantan Tengah periode 2020-2025. Ia sangat terkejut ketika DPP kembali menunjuk dirinya pada kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) V PAN Kalteng di Aquarius Hotel, Minggu (20/12/2020).

Dalam sambutannya di pembukaan Muswil, Diran menyampaikan, tidak lagi mencalonkan diri menjadi ketua umum, tapi tetap siap membantu membesarkan PAN Kalteng. Namun, DPP tetap kembali memercayakan dirinya sebagai Ketua DPW.

“Sebenarnya saya sudah menyatakan tidak mencalonkan lagi karena faktor umur, namun DPP menugaskan saya kembali untuk memimpin lima tahun ke depan dengan tujuan kemajuan partai bersama, ini di luar dugaan saya,” kata Diran usai Muswil.

Dia buka pendaftaran seluas-luasnya, bahkan sudah bentuk steering committee. Dirinya memang tidak lagi mendaftarkan diri sebagai calon ketua karena usianya sudah 71 tahun, sehingga ingin istirahat dan menikmati masa pensiunnya. Yang daftar 9 orang. PAN termasuk partai nasional sehingga calonnya beragam, perempuan dan laki-laki, dan dari berbagai agama.

Ia menjelaskan, sebenarnya dirinya juga tidak ada mendaftar sebagai calon Ketua DPW PAN Kalteng yang ada dalam daftar sembilan orang yang diajukan ke DPP untuk sebagai kandidat calon ketua. Berdasarkan AD/ART Partai PAN, ketua umum punya hak prerogatif untuk menunjuk ketua umum DPD.

Namun, entah bagaimana, ada masukan dari berbagai Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di kabupaten/kota provinsi setempat yang menyatakan bahwa dirinya lah yang pantas untuk kembali ke DPP. Dengan hal tersebutlah dirinya kembali lagi dipercaya untuk memimpin DPW PAN Kalteng, dengan empat tim fotmatur yang sudah ditunjuk oleh pusat nantinya untuk membantu Diran.

“Ada lima orang formatur yang akan membantu saya untuk menyusun kepengurusan DPW PAN Kalteng lima tahun ke depan, yakni Tommy Irawan Diran, Mahbub Indra Pratama, Arif M Norkim, Natali Asih dan Okto E Toendan,” bebernya.

Ketua Panitia Muswil V DPW PAN Kalteng Noorkhalis Ridha menambahkan, dalam kegiatan tersebut tidak ada pemilihan ketua melainkan dilaksanakan secara musyawarah mufakat yang di pilih oleh DPP. Ketua formatur Achmad Diran dalam waktu dekat bersama lima timnya akan menyusun siapa saja nama yang akan masuk dalam kepengurusan yang nantinya akan di pimpinnya lima tahun kedepan.

“Saya tegaskan dalam penunjukan ketua dilaksanakan secara musyawarah mufakat dengan sistem formatur,” tandas Ridha yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Palangka Raya itu.

Acara Muswil dihadiri Perwakilan DPP PAN Ahmad Mumtaz Rais. Pemerintah Provinsi Kalteng dalam hal ini Kesbangpol Provinsi Kalteng. Sementara Ketua Umum DPP Zulkifli Hasan bersama jajarannya hadir secara virtual. Kemudian hadir juga pengurus harian DPD PAN Kalteng, kemudian pengurus kabupaten juga hadir secara virtual. yml

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *