BNNK Palangka Raya Buka Layanan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat

  • Bagikan
ASISTENSI - Kunjungan Direktur PLRKM BNN RI, dr Amrita Devi SpKJ, M.Si (tengah) saat membahas mengenai asistensi RBM, di Kelurahan Langkai, Palangka Raya. ISTIMEWA

ASISTENSI – Kunjungan Direktur PLRKM BNN RI, dr Amrita Devi SpKJ, M.Si (tengah) saat membahas mengenai asistensi RBM, di Kelurahan Langkai, Palangka Raya.ISTIMEWA

PALANGKA RAYA – Masalah penyalahgunaan narkoba sudah merambah sampai ke pelosok daerah. Hal ini berdampak pada ketersediaan lembaga rehabilitasi yang dikelola oleh pemerintah maupun masyarakat masih terbatas daya tampung dan jumlahnya. Rehabilitasi narkoba merupakan serangkaian kegiatan untuk memfungsikan kembali peran dan pengembangan individu yang memungkinkan pengguna narkoba mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian ini sepadan dengan rehabilitasi sosial sebagai suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu baik fisik, mental maupun sosial agar pecandu dan korban penyalahguna narkoba dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Pelayanan rehabilitasi narkoba dilaksanakan dalam bentuk residensial dan luar residensial. Tidak semua pengguna narkoba memerlukan rehabilitasi residensial. Hal ini terkait beberapa kriteria terhadap pengguna narkoba yang membutuhkan pelayanan residensial. Antara lain terdapat gangguan gejala putus zat yang menyebabkan pengguna narkoba terganggu stabilitas fisik dan psikologis serta masalah fisik lainnya, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas kesehariannya. Selain itu, terdapat gejala halusinasi, waham dan atau gejala kejiwaan lain yang mengganggu proses komunikasi dan jalannya terapi rehabilitasi.

Sementara itu, pengguna narkoba dengan masalah narkoba dalam kategori ringan mengikuti pelayanan di luar residensial dilaksanakan dalam bentuk rawat jalan. Pengguna narkoba mendapatkan layanan rehabilitasi sesuai dengan rencana intervensi yang terkait dengan pemulihannya dari masalah penyalahgunaan narkoba. Pelayanan rehabilitasi di luar residensial ini membuka kesempatan kepada masyarakat untuk dapat turut berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kepada pengguna narkoba dalam program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM).

Rehabilitasi Berbasis Masyarakat merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat di bidang rehabilitasi terhadap pengguna narkoba dengan memanfaatkan fasilitas dan potensi masyarakat melalui pendekatan kearifan lokal. Oleh karena itu, setiap program RBM mempunyai keragaman program rehabilitasi sesuai masalah narkoba dan potensi yang dimiliki masyarakat di wilayah.

Badan Narkotika Nasional Kota Palangka Raya menjalankan program RBM di Kelurahan Langkai, dengan membentuk tim RBM yang terdiri dari tokoh masyarakat ataupun ketua RT/RW yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan narkoba. Pecandu atau penyalahguna narkoba yang mendapatkan layanan RBM ini akan diberikan intervensi singkat ataupun dirujuk kepada IPWL yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan BNNK Palangka Raya, yakni Puskesmas Panarung dan Puskesmas Menteng guna menjalani rehabilitasi rawat jalan medis.

Adapun sasaran RBM ini adalah untuk pengguna narkoba, keluarga yang memiliki permasalahan terhadap gangguan penggunaan narkoba pada anggota keluarganya serta masyarakat yang peduli dan berperan aktif pada rehabilitasi narkoba. Tentunya dalam menjalankan visi dan misi, BNN tidak bisa berjalan sendiri sehingga membutuhkan sinergitas, dukungan dan kepedulian dari semua lapisan masyarakat guna membantu program P4GN tersebut agar generasi muda Kota Palangka Raya terbebas dari ancaman narkoba.

Selanjutnya, diimbau kepada masyarakat wilayah Kota Palangka Raya yang memiliki anggota keluarga ataupun tetangga masyarakat yang terindikasi telah menyalahgunakan ataupun mengkonsumsi narkoba, dapat mengunjungi Klinik Pratama Berkah BNN Kota Palangka Raya yang beralamat di Jalan Tangkasiang No. 14, Palangka Raya atau menghubungi ke kontak Klinik Pratama  Berkah BNN Kota Palangka Raya 0812-5673-5983.  (rilis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *