Kejari Kapuas Musnahkan Barbuk Hasil Kejahatan

  • Bagikan
Kejaksaan Negeri Kapuas melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti hasil kejahatan, Kamis (17/12/2020). YULIANSYAH

KUALA KAPUAS/TABENGAN.COM- Sesuai dengan tugas dan wewenang kejaksaan di bidang pidana sebagai eksekutor yang melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, Kejaksaan Negeri Kapuas melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti hasil kejahatan, Kamis (17/12/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Rahman Arif menerangkan, pemusnahan barang bukti ini yang telah inkrah, dengan total 60 perkara di tahun 2020. Rinciannya, perkara narkotika 28 dengan barang bukti sabu-sabu sebanyak 28,96 gram dan handphone, kesehatan dengan barang bukti obat Dextromethorphan 5.000 butir, Seledryl 50 keping, 47 botol alkohol 95 persen Cap Gajah, pencurian 9 perkara, perlindungan anak 5 perkara, perjudian 4 perkara, senjata tajam sejumlah 4 perkara, penganiayaan 2 perkara, 1 perkara satwa liar dengan barang bukti 1 senapan angin dan 6 perkara lainnya.

Menurut Kajari, sebelumnya juga telah melakukan pemusnahan barang bukti pada Oktober 2020 lalu. Ini kedua kalinya melakukan pemusnahan di 2020. Adapun perkara narkotika yang ditangani Kejaksaan Negeri Kapuas pada 2020 sebanyak 46 perkara. Perkara narkotika yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap sebanyak 37. Sembilan perkara narkotika barang buktinya sebanyak 52,62 gram telah dimusnahkan pada pemusnahan sebelumnya, dan pada hari ini dimusnahkan sebanyak 28,96 gram dari 28 perkara narkotika.

“Acara pemusnahan barang bukti ini adalah sebagai bentuk momentum untuk menunjukkan kinerja aparat penegak hokum. Diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat mengenai keseriusan aparat penegak hukum dalam memberantas peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Kapuas,” katanya.

Acara pemusnahan barang bukti juga dihadiri Kasat Narkoba Polres Kapuas Iptu Subandi dan Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP, serta Camat Selat Slamet Riyadi. c-yul

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *