Dishut Kalteng Siapkan 9 Ha untuk Hutan Kota

  • Bagikan
Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto secara simbolis menanam pohon pada kegiatan Menanam Bersama Dinas Kehutanan Kalteng di Jalan Hiu Putih Palangka Raya, Selasa (15/12/2020). DEDY

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM– Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) rutin menggelar aksi menanam pohon setiap tahun. Apa yang dilakukan Dishut Kalteng semata mengembalikan fungsi hutan dengan baik. Tahun 2020, Dishut Kalteng menggelar aksi menanam pohon yang nantinya akan diintegrasikan menjadi hutan kota.

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto mengatakan, rimbawan memiliki prinsip memanfaatkan lahan yang kosong meskipun sedikit untuk ditanami. Hal inilah yang coba untuk terus dilakukan Dishut Kalteng. Pelibatan banyak pihak dalam kegiatan menanam pohon, bertujuan untuk menyampaikan pesan pentingnya pelestarian.

“Ke depan, pelibatan terhadap mitra semakin diperluas dalam melaksanakan kegiatan menanam pohon ini. Sekarang ini ada dilakukan penanaman bibit di Jalan Hiu Putih, lokasi ini terbagi atas 2, yakni dijadikan persemaian dan juga direncanakan menjadi hutan kota. Ini menjadi start awal, atas semua bibit yang selalu meminta, dengan adanya persemaian maka bibit bisa disemai,” kata Sri Suwanto, usai kegiatan Menanam Bersama Dishut Kalteng, Selasa (15/12/2020), di Palangka Raya.

Sekarang ini, lanjut Sri Suwanto, bibit yang ditanami masih berjumlah sedikit, sekitar 250 bibit. Ke depan, adanya rencana menjadi hutan kota, sudah tentu akan dilakukan desain dengan baik, sehingga jumlah bibit yang ditanamipun akan semakin banyak. Semua jenis yang ditanami merupakan tanaman yang berada di hutan.

Sementara itu, Ketua Panitia Arifin menyampaikan, luasan lahan yang dijadikan persemaian dan hutan kota mencapai 9 hektare. Seluas 4 hektare diperuntukan bagi persemaian, sementara 5 hektare difungsikan untuk hutan kota. Beberapa jenis yang ditanami seperti ketapang kencana, balangeran dan juga kalpataru.ded

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *