Ketua Dewan Ingatkan Masyarakat Ikuti Panduan Ibadah Natal

  • Bagikan
Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mengingatkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Hal ini sejalan dengan Kementerian Agama (Kemenag) ataupun Tim Satgas Covid-19 yang mengeluarkan panduan kegiatan ibadah selama masa pandemi Covid-19.

“Masyarakat harus mematuhi anjuran pemerintah terkait penerapan prokes untuk pelaksanaan ibadah Natal. Anjuran tersebut bertujuan menjaga kesehatan masyarakat agar terhindar dari paparan Covid-19, tanpa sedikitpun mengurangi makna atau esensi dari perayaan Natal itu sendiri,” ucap Sigit, Senin (14/12/2020).

Politikus PDI Perjuangan Kalteng ini mengakui, perbedaan drastis merayakan hari raya besar umat beragama tidak hanya dirasakan umat Kristiani, melainkan seluruh umat beragama.

Seperti halnya saat Hari Raya Idul Fitri, Nyepi, Waisak dan sebagainya, di sepanjang tahun ini penuh dengan pembatasan. Bukan tanpa sebab, menerapkan prokes dengan physical distancing sangat vital untuk mencegah masyarakat terinfeksi virus tersebut.

“Memang sangat berat dan berbeda jauh dengan apa yang kita jalani selama ini dari tahun-tahun sebelumnya. Terlebih kita harus terbiasa hidup berdampingan dengan virus tersebut, tingkat kewaspadaan harus semakin ditingkatkan terutama dalam penerapan prokes. Begitu juga saat beribadah, jangan sampai niat melaksanakan ibadah justru tertular atau menularkan kepada orang lain,” jelasnya.

Tidak hanya masyarakat yang akan melaksanakan ibadah, pihak rumah ibadah gereja harus segera mengajukan surat rekomendasi kepada Tim Satgas Covid-19 kota.

Sesuai panduan, sebelum perayaan ibadah Natal, seluruh rumah ibadah gereja mendapatkan asistensi mengenai penerapan prokes serta menjamin keamanaan para jemaat yang datang beribadah.

“Tim Satgas dengan tangan terbuka akan menerima pengajuan permohonan rekomendasi dari pihak gereja yang akan melaksanakan ibadah Natal bersama jemaat. Dan bagi yang akan melaksanakan ibadah dengan daring, kita harap tidak berkecil hati. Kita tetap bisa memaknai hari kelahiran Sang Juruselamat bersama dengan keluarga di rumah. Duduk beribadah dan berdoa bersama, agar pandemi ini bisa segera berakhir,” tutup Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng tersebut.rgb

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *