Berkas Dagut-Fitriadi Dikembalikan, Ribuan Orang Antar Yulhaidir-Iswanti

7

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tiga pasangan calon perseorangan sama-sama mendaftar ke KPU Palangka Raya, pada hari kedua pendaftaran calon, Selasa (9/1). Mereka adalah pasangan Rizky Mahendra-Daryana, pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf, dan pasangan Yuliustry-Munir.

Sehari sebelumnya, pasangan perseorangan Rusliansyah-Rogas Usup sudah mendaftar lebih dulu, Senin (8/1).

Pasangan pertama yang mendatangi KPU Palangka Raya kemarin adalah Rizky Mahendra-Daryana. Tiba diiringi puluhan pendukung dan simpatisan, pasangan dengan jargon “Paten Juara” menyerahkan berkas syarat pendaftaran dan syarat calon kepada komisioner KPU yang telah menunggu.

Rizky Mahendra mengatakan, motivasinya mendaftarkan diri menjadi balon wali kota semata-mata untuk ibadah, menyiapkan masyarakat Kota Palangka Raya di masa depan.

“Tahun 2020 masyarakat Palangka Raya siap berkompetensi dengan negara luar. Kalau tidak, maka kita akan terpinggirkan. Rizky Mahendra-Daryana bukan hanya membangun monumen atau jalan, melainkan memberdayakan masyarakat untuk maju dan kompeten dalam menghadapi tantangan zaman,” kata dia didampingi Daryana.

Setelah diperiksa, KPU menyatakan berkas pendaftaran Rizky-Daryana sudah lengkap.
Nasib berbeda dialami pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf. Diantar tokoh Kalteng H Sabran Ahmad, berkas pendaftaran keduanya dikembalikan KPU karena tidak lengkap. “Berkasnya dikembalikan untuk dilengkapi sampai batas waktu tanggal 10 Januari pukul 24.00 WIB. Detilnya tidak bisa disampaikan,” ucap Komisioner KPU Harmain Ibrahim.

Dagut mengatakan, ia siap melengkapi persyaratan apabila dikembalikan dan tidak lengkap. “Kemungkinan adalah tim kampanye dan tim pemenangan yang belum dimasukkan. Walau begitu menurut sepengetahuan kami berkas telah lengkap. apabila kurang maka kami siap melengkapi,” ujarnya.

Pasangan terakhir yang mendaftarkan diri ke KPU pada hari kedua adalah Yuliustry-Munir. Berkas keduanya dinyatakan lengkap oleh KPU Palangka Raya setelah pemeriksaan selama 1 jam. “Berkas diyakini mampu kita penuhi semua. Untuk syarat dukungan yang kurang, akan kami serahkan pada 18-20 Januari mendatang. Sistemnya door to door di mana kita meminta langsung KTP kepada warga, bukan dari perseorangan,” ucap Yuliustry.

Di Kuala Kapuas, HM Mawardi yang berpasangan dengan wakil bupati petahana HM Muhajirin, Selasa (9/1) mendaftar ke KPU. Sebenarnya, pasangan yang dikenal dengan akronim “2M” ini sudah mendaftar pada hari pertama, Senin (8/1). Namun, masih ada kekurangan berkas sehingga dikembalikan.

“Nah, hari ini pasangan 2M kembali mendaftarkan diri dengan melengkapi berkas. Dan, setelah diverifikasi, akhirnya kami sepakat menyatakan pendaftaran pasangan 2M diterima,” kata Ketua KPU Kapuas Badriansyah, Selasa (9/1).

Badri mengatakan, setelah pendaftaran ditutup besok, Jumat (11/1) akan dilakukan tes kesehatan di RSUD dr Doris Sylvanus.

Diantar ribuan orang
Dari Kuala Pembuang dilaporkan, ribuan orang mengantar pasangan Yulhaidir-Iswanti ke KPU Seruyan, Selasa (9/1). Meski massa memadati halaman kantor KPU di Jalan Untung Surapati, suasana tetap tertib dan terkendali.

Selain PDIP, pasangan Yulhaidir-Iswanti juga diusung Partai Amanat Nasional (PAN), serta didukung dua partai baru, yakni Partai Berkarya dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
Usai menyerahkan syarat pencalonan ke KPUD, Yulhaidir mengatakan, pihaknya bersyukur berkas tersebut dinyatakan lengkap oleh KPU dan tinggal melanjutkan tahapan selanjutnya.

Yulhaidir menambahkan, skala prioritas dalam visi misinya adalah menyelesaikan akses yang menghubungkan ibu kota kabupaten hingga desa dan kecamatan.

Ketua KPU Seruyan Agus Sukron Ma’mun mengatakan, berkas pendaftaran pasangan calon Yulhaidir-Iswanti sudah diterima dan dinyatakan lengkap.

“Selanjutnya akan dilaksanakan tahapan pemeriksaan mulai 10-16 Januari 2018 dan kemudian berlanjut hingga verifikasi. Berkenaan dengan keabsahan berkas-berkas pendaftaran ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Seruyan Ummar Zahid Bustomi mengimbau semua pasangan calon yang sudah mendaftar agar dapat selalu menjaga dan mengkondusifkan massanya.

“Karena kita menginginkan Pilkada Seruyan 2018 berjalan kondusif, aman dan damai,” pintanya. fwa/c-bam/c-hr

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here