Prihatin Covid-19, DPW BKPRMI Fasilitasi Penyaluran BLT dan BOP

Pengurus DPW BKPRMI Kalteng foto bersama di sela-sela penyaluran bansos, baru-baru ini. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM- Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW BKPRMI) Kalteng turut prihatin dengan kondisi banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Organisasi ini pun langsung bergerak memfasilitasi adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) mencapai miliaran rupiah di Kalteng.

Terkait bantuan ini, Ketua Umum DPW BKPRMI Kalteng H Rus’ansyah SAg MPd melalui Direktur Wilayah LPPTKA BKPRMI Kalteng Abdul Majid MPd, Minggu (13/12/2020), menjelaskan, pihaknya memfasilitasi dari proses pengusulan hingga penyaluran. Adapun penyalurannya diberikan kepada lembaga TK/TPA dan ustaz/ustazah.

Lebih rinci dijelaskan, sejumlah bantuan yang sudah dan akan segera disalurkan berupa BLT yang berasal dari Pemprov Kalteng. Untuk BLT tahap I berupa uang tunai Rp 500 ribu per ustaz/ustazah, kemudian BLT tahap II berupa sembako, dan BLT Tahap III uang tunai Rp 300 ribu per ustaz/ustazah.

Khusus untuk Kota Palangka Raya, BLT tahap I dibagikan kepada 415 orang, tahap II 108 orang dan tahap III 512 orang.

“Sementara untuk BOP Kemenag tahap I sebanyak 25 unit TK/TPA Alquran sebesar Rp10 juta per unit dan BOP tahap II sebanyak 95 unit dengan nilai yang sama Rp10 juta serta BOP tahap III sebanyak 665 unit Rp10 juta unit TK/TPA Alquran se-Kalteng yang diberikan langsung ke rekening lembaga TK/TPA,” jelas Rus’ansyah.

Ia berpesan agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga, pendidikan atau kegiatan yang sifatnya bermanfaat untuk para guru-guru mengaji dan lembaga TK/TPA.

“Selain itu, saya berharap bantuan ini diberikan kepada sasaran yang benar-benar membutuhkan,” katanya.

Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu seperti Dirnas LPPTKA BKPRMI Pusat, Dirwil LPPTKA BKPRMI Kalteng dan Dirda LPPTKA Kabupaten/Kota, hingga Kemenag Kabupaten/Kota yang telah membantu memfasilitasi memberikan data untuk penyaluran serta pemberian izin operasional lembaga atau statistik.

Secara khusus, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kalteng telah membantu BLT dan Kemenag Pusat atas bantuan BOP untuk penanganan Covid-19 ini.

Masih menurut Rus’ansyah, melalui Abdul Madjid, mantan Alumni HMI dan wartawan Harian Banjarmasin Post itu berpesan kepada seluruh kader BKPRMI, ustaz-ustazah dan pemuda remaja masjid se-Kalteng agar tetap istiqomah dalam belajar dan mengajarkan Alquran demi masa depan santri yang lebih baik, serta selalu menggaungkan motto “Bertekat memberantas buta aksara Alquran mewujudkan generasi Qurani yang cerdas, unggul dan berprestasi”. ist/hil

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.