Ekobis  

OJK Apresiasi Kinerja Industri Jasa Keuangan

BERSAMA- Foto bersama Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, FKIJK, pimpinan perbankan, lembaga keuangan dan para wartawan usai kegiatan afternoon tea di halaman Kantor OJK Kalteng, Jumat (11/12/2020). TABENGAN/ DANIEL

PALANGKA RAYA – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah Otto Fitriandy mengapresiasi beberapa effort (usaha) yang dilakukan Industri Jasa Keuangan (IJK).

Hingga bulan Oktober 2020, IJK masih dapat menyalurkan pembiayaan dalam rangka memutar roda perekonomian di Kalteng. Terlebih dalam membantu para usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Otto hal ini terjadi karena tingkat kepercayaan masyarakat Kalteng kepada bank cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan masih banyak orang yang menyimpan uangnya di IJK pada masa pandemi ini, yang nantinya akan disalurkan dalam bentuk kredit.

“Total aset di Bank Perkreditan Rakyat  (BPR) masih sebesar 3,72 persen atau Rp22,68 miliar,” imbuhnya dalam acara afternoon tea bersama para pimpinan perbankan, lembaga keuangan dan awak media, Jumat (11/12), di halaman belakang Kantor OJK Kalteng.

Selanjutnya Otto juga mengatakan, untuk pengumpulan dana pihak ketiga di Provinsi Kalteng malah terjadi peningkatan 11,80 persen, atau Rp31,6 triliun.

Namun demikian diakuinya bahwa di BPR masih tersendat, yang mana diduga karena ada segmentasi dari dana pihak ketiga. Sehingga masyarakat lebih memilih dananya disimpan di bank-bank umum.

“Ini tantangan bagi BPR yang mengalami penurunan Rp24,84 miliar,” ujarnya.

Sementara menanggapi pertanyaan wartawan terkait pelaksanaan relaksasi kredit yang sudah dijalankan pihak perbankan, selama ini diakui Otto sudah berjalan cukup bagus. Meski tentu ada berbagai kendala, dimana memang para kreditur harus memenuhi aturan untuk pengajuan relaksasi sesuai aturan yang ditetapkan perbankan.

“Di awal-awal memang ada sedikit kendala untuk penyesuaian aturan,baik dari pihak industri keuangan maupun nasabah. Namun seiring waktu semua bisa berjalan dengan baik,” ujar Otto. dsn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.