Hasil Hitung KPU, Harati Sementara Unggul

BERI KETERANGAN- M Rudini Darwan Ali (tengah) saat memberikan tanggapan terkait hasil sementara Pilkada Kotim, Kamis (10/12/2020). ISTIMEWA

SAMPIT/TABENGAN.COM- Hasil hitung Komisi Pemilihan Umum (Kotim) yang dapat dipantau melalui online pada alamat Https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/rekapitulasi/62  untuk Pilkada Kotim, memperlihatkan paslon Cabup dan Cawabup Kotim Halikinnor-Irawati (Harati) sementara unggul dalam perolehan suara.

Dalam website yang terpantau, Kamis (10/12/2020) pukul 16.45 WIB,  paslon Harati memperoleh suara sebanyak 32,2 persen atau 13.044 suara dari penghitungan 209 TPS atau 23,38 persen suara masuk.

Kemudian paslon Rudini-Samsudin memperoleh suara 29,9 persen atau 12.142 suara. Disusul paslon Suprianti-Arsyad memperoleh 26 persen atau 10.547 suara dan paslon HM Taufiq Mukri-Supriadi sebanyak 11,9 persen atau 4.826 suara.

Cabup Kotim Halikinnor mengaku, dirinya dan tim tidak mau euforia menanggapi hasil penghitungan perolehan suara sementara. Meski beberapa lembaga survei pun sudah memunculkan hasil penghitungan sementara bahwa dirinya unggul, namun ia tetap meminta tim relawannya untuk tetap tenang dan menunggu hasil hitungan resmi dari KPU Kotim.

“Kita tidak mau euforia, kita menunggu hasil hitung resmi dari KPU Kotim. Saya sudah meminta tim saya dan seluruh relawan untuk sabar menyambut hasilnya,” ujarnya.

Selain itu, Halikinnor juga meminta agar seluruh tim dan relawan yang sudah membantunya selama ini untuk terus mengawal hasil suara hingga penghitungan akhir. Hingga sampai nantinya waktu final.

Sementara itu, Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih menanggapi munculnya hasil hitung cepat beberapa lembaga survei. Menurutnya, yang pasti hasil penghitungan suara berasal dari KPU Kotim. Ia mempersilakan tim paslon untuk mengawal proses pleno di setiap tingkatan agar semua mengetahui prosesnya.

“Untuk pleno penghitungan suara di tingkat PPK dimulai 11-13 Desember, silakan tim paslon semua mengawal prosesnya,” ucapnya.

Rudini Kawal Suara

Satu hari setelah proses pemungutan suara Pilkada Kotim, mulai terlihat peta kekuatan masing-masing paslon peserta Pilkada. Sejauh ini dari penghitungan sementara, pasangan Harati dan M Rudini Darwan Ali-H Samsudin (Kotim Bercahaya) masih bersaing di posisi teratas.

Terkait hal tersebut, Cabup Kotim M Rudini Darwan Ali meminta kepada para relawan dan simpatisannya agar menjaga proses penghitungan suara.

“Mohon dijaga sekali lagi di lapangan kertas-kertas suara kita, sampai nanti akhir penghitungan pleno di Kabupaten,” ujang Rudini, Kamis.

Dia juga berpesan kepada para pendukungnya agar tetap semangat, tetap solid dan tidak kendur.

“Data ini masih belum riil, semua kita masih menunggu data masuk dan insya Allah berkat doa orang banyak dan perjuangan kita semua, Allah meridai kita. Insya Allah hasil akan memuaskan,” kata Rudini. c-may/c-arb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.