PURUK CAHU-BATANJUNG- Teras Apresiasi Kereta Api Masuk Proyek Nasional

  • Whatsapp
PURUK CAHU-BATANJUNG- Teras Apresiasi Kereta Api Masuk Proyek Nasional
Senator DPD RI dari Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang
iklan atas

JAKARTA/TABENGAN.COM– Senator DPD RI dari Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat untuk menindaklanjuti rencana pembangunan rel kereta api jalur Puruk Cahu-Batanjung dengan dimasukkan dalam proyek nasional. Pasalnya, sejak lama sudah dimulai tahapan pembangunannya, bahkan ketika dirinya menjabat Gubernur Kalteng.

“Saya menyambut baik atas sikap pemerintah pusat yang akan menindaklanjuti pembangunan kereta api di Kalteng, yaitu jalur Puruk Cahu-Batanjung. Semestinya proyek tersebut sudah dilaksanakan pada tahun 2015. Namun, beberapa surat dari Provinsi Kalteng yang memohon agar Presiden melakukan peresmiannya pada saat itu tidak ada jawaban,” ungkap Teras kepada Tabengan, Selasa (2/12/2020).

Terkait hal ini, Gubernur Kalteng dua periode (2005-2015) tersebut mengharapkan agar skema pembangunannya yang tidak menggunakan anggaran dari Pemerintah Indonesia tetap dipertahankan.

Karena, menurut Teras, Kalteng kala itu sudah siap dengan segala peraturan dari pusat dan peraturan daerahnya. Malahan sudah mengirim lebih kurang 30 orang putra dan putri Kalteng untuk bidang perkeretaapian sebagai langkah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal.

“Semoga pembangunan rel kereta api sebagai angkutan umum ini bukan semata untuk sumber daya alam, bisa terlaksana dengan baik. Saya juga mengharapkan agar usulan para Gubernur se-Kalimantan yang saya pimpin di saat 2014 kepada Presiden untuk membangun rel kereta api se-Kalimantan juga dapat terwujud,” harap dia.

Apalagi, tambah Teras, mengingat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai calon Ibu Kota Negara Republik Indonesia, sehingga keberadaan kereta api sangat dibutuhkan untuk memudahkan transportasi dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah, terlebih ekonomi masyarakat. adn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas