DITENGAH PANDEMI- Penyelenggara Harus Bekerja Keras Sukseskan Pilkada

  • Whatsapp
DITENGAH PANDEMI- Penyelenggara Harus Bekerja Keras Sukseskan Pilkada
Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng H Muhajirin
iklan atas

PALANGKA RAYA/TABENGAN.COM – Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus bekerja keras menyukseskan pilkada. Pasalnya, pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali tersebut, saat ini pelaksanaannya berlangsung ditengah pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19.

Untuk diketahui dalam pilkada kali ini di Kalimantan Tengah (Kalteng), masyarakat akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Pilbup-Kotim).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng H Muhajirin, ketika dibincangi di gedung dewan belum lama ini mengatakan, pihaknya merasa perlu memberikan imbauan kepada penyelenggara pilkada mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dan pastinya, pelaksanaan pilkada akan berpotensi menimbulkan sejumlah kendala dalam sejumlah tahapannya.

“Oleh sebab itu KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara harus siap untuk menguras banyak tenaga. Karena, untuk menyukseskan pilkada dimasa pandemi ini, tentu akan banyak tantangannya,” kata Muhajirin.

Politisi dari Fraksi Demokrat DPRD Kalteng ini melanjutkan, pilkada dimasa pandemi tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana akan ada larangan atau batasan kepada penyelenggara untuk mengumpulkan masyarakat seperti pada saat kampanye dari para Pasangan Calon (Paslon) dan juga pada saat pemungutan suara.

“Itu semua harus diperhatikan, supaya nantinya yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut bisa mematuhi ketentuan itu. Tujuan dari ketentuan itukan bukan hanya untuk perorangan saja, akan tetapi untuk semua pihak agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Untuk itu, pemerintah bersama dengan pihak terkait lainnya harus memiliki komitmen yang kuat dalam mendorong semua tahapan pesta demokrasi rakyat, supaya dapat terlaksana dengan baik tanpa memunculkan klaster penyebaran Covid-19 yang baru lagi,” pungkas Muhajirin. bob

iklan atas

Pos terkait

iklan atas